Hati-hati penipuan mengatasnamakan Maksindo. Beli mesin Maksindo hanya di cabang resmi dan transfer ke Rekening Perusahaan Maksindo

Peluang Usaha Rumah Makan Sederhana dan Analisa Usahanya

KategoriPeluang Bisnis
Di lihat17403 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Detail Produk Peluang Usaha Rumah Makan Sederhana dan Analisa Usahanya

warung sederhana. tokomesinMempunyai modal yang tidak banyak membuat banyak orang lebih memilih menyingkirkan terlebih dahulu niatnya dalam memulai usaha rumah makan. Namun apabila lebih teliti lagi dalam mencari peluang sebenarnya banyak sekali usaha – usaha yang membutuhkan modal kecil, seperti membuka suatu usaha dengan bidang makanan yang saat ini banyak diminati orang. Untuk Anda yang tertarik dalam menjalankan usaha makanan namun memiliki modal yang kecil, maka bisa mencoba membuat rumah makanan sederhana. Dengan banyaknya yang meminta aneka jenis makanan seperti lauk pauk dan sayuran membuat peluang usaha makanan menjadi menjanjikan bila dijalankan oleh pelaku usaha tersebut. Hal ini bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk mendapatkan keuntungan yang cukup fantastis dalam setiap bulannya. Anda bisa menawarkan usaha makanan ini seperti sayuran serta lauk pauk ini pada konsumen didekat rumah.

Usaha dalam bidang makanan ini saat ini telah menjadi trend, walaupun usaha ini memang butuhk kerja keras dan usaha dan bukan menjadi usaha yang asal – asalan. Namun telah banyak juga para pengusaha yang sukses dalam menjalankan salah satu bidang makanan ini. Usaha rumah makanan ini bisa dijalankan dimana saja dan tidak begitu banyak membutuhkan modal. Beberapa alasan ini juga membuat banyak orang berbondong – bondong untuk membuka usaha makanan. Berikut ini adalah deskripsi untuk usaha rumah makan sederhana yang dapat Anda simak :

Info Produk

Membuat dan membuka usaha dalam bidang apa saja tentu keuntungan serta keberhasilan adalah sesuatu yang sangat diimpikan bagi para pelakunya. Sehingga perlu memperhatikan beberapa cara agar usaha yang dijalankan bisa berjalan sesuai dengan keinginan.

Berikut ini adalah beberapa persiapan yang harus diperhatikan oleh para pengusaha makanan dalam memulai usaha kuliner, yaitu :

  • Pilih menu makanan yang banyak diminati dan cirai oleh para konsumen. Seperti berbagai macam olahan makanan dari ayam, telur, tahu, tempe, gorengan dan aneka jenis makanan yang banyak dicari oleh para konsumen.
  • Kualitas produk yang ditawarkan haruslah diutamakan. Apabila telah memilih menu makanan yang banyak dicari konsumen, cara selanjutnya adalah dengan membuat aneka jenis lauk pauk serta sayuran dengan cita rasa yang nikmat dan enak. Salah satu yang harus diperhatikan adalah dari bahan baku pembuatannya harus memiliki kualitas dan pada saat proses produksi kebersihan harus selalu dijaga agar makanan yang dihasilkan lebih higienis. Untuk segi rasa harus pas sehingga pemberian bumbu harus sesuai. Jadi cita rasa yang ditawarkan oleh para konsumen ini benar – benar berkualitas dan pas.
  • Carilah lokasi yang tepat untuk berjualan. Namun untuk menghemat biaya pengeluaran, Anda bisa menjual aneka jenis makanan di depan rumah atau di persimpangan jalan yang banyak dilalui orang. Apabila orang yang lewat tentu potensi besar untuk laku sangat besar.
  • Siapkan peralatan dan perlengkapan usaha. Usaha makanan ini untuk peralatan serta perlengkapan yang dibutuhkan tidaklah terlalu banyak. Anda bisa menggunakan meja dengan ukuran yang panjang untuk meletakan aneka jenis makanan yang Anda jual, seperti lauk pauk serta sayuran yang bisa Anda letakan pada baskom sehingga para pelanggan bisa memilih sesuai dengan keinginan. Untuk pengemasan sayur bisa menggunakan pastik, kertas bungkus atau pun mika yang dikemas secara rapi.
  • Lakukanlah survey pada pasar untuk harga yang dijual dipasaran, apa saja minat para konsumen dan mencari tahu ada tidaknya pesaing disekitar tempat yang akan Anda buat lokasi. Anda pun bisa menggambarkan serta menentukan rencana untuk usaha yang akan dijalankan, agar menjadi lebih mudah dan teratur.

Konsumen

Untuk menjalankan usaha makanan tentu Anda perlu membidik sasaran yang banyak dan luas. Dengan beberapa konsumen seperti aneka kost dengan para mahasiswa, pelajar serta karyawan, sampai para ibu rumah tangga serta masyarakat lainnya, mereka semua bisa dijadikan target konsumen yang menguntungkan.

Contoh Resep

Berikut ini salah satu resep yang bisa digunakan untuk menjalankan usaha rumah makan sederhana yaitu “Ayam Bumbu Merah”

Resep-Masakan-Ayam-Bumbu-Merahtokomesin

Bahan :

  • 750 gram daging ayam, potong – potong
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 sdm minyak goreng
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus tomat
  • Garam seperlunya
  • 300 ml air

Bahan Bumbu Halus :

  • 3 buah cabe merah
  • 4 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 3 butir kemiri

Bahan Pelengkap :

  • Daun selada seperlunya
  • Ketimun seperlunya
  • Sambal terasi seperlunya

Cara Membuat “Ayam Bumbu Merah” :

  1. Pertama – tama lumuri terlebih dahuluayam dengan bumbu – bumbu halus kemudian masak dengan daun jeruk, lengkuas, daun salam, minyak dan kecap manis, saus tomat serta garam.
  2. Kemudian aduk – aduk sampai daging ayam berubah warna, lalu masukan air masak sampai kering dan bumbu menjadi meresap dan Angkat.
  3. Kemudian bakar ayam pada bara api sampai berwarna kecoklatan, setelah memiliki warna yang cukup menarik maka angkat dan sajikan bersama dengan bahan pelengkap.

Pemasaran

Proses pemasaran ini bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, namun terlebih dahulu pilihlah tempat yang strategis agar proses pemasaran menjadi lebih mudah. Selain itu para konsumen pasti akan mengetahui tempat Anda dengan mudah bila tempat yang Anda gunakan untuk berjualan sangat strategis. Pelaku usaha bisa memanfaatkan cara promosi dari mulut ke mulut untuk mempromosikan usaha Anda ke masyarakat luas. Apabila banyak orang yang menginformasikan usaha Anda ini tentu peluang yang akan Anda dapatkan nanti menjadi semakin besar.

Untuk membuat para konsumen tertarik dengan produk yang dijual maka letakan jenis lauk pauk yang dijual secara rapi diatas meja, sehingga mereka bisa melihat dengan mudah jenis – jenis makanan yang Anda tawarkan. Cara ini terbilang cukup sederhana namun bila dijalankan cukup efektif dan bisa menarik minat para konsumen.

Kekurangan Usaha

  • Resiko yang banyak dialami oleh para pengusaha makanan ini yaitu harga dari bahan makanan yang selalu tidak stabil. Seperti bahan baku ayam, telur, ikan, dan bumbu lainnya. Hal ini membuat para pengusaha makanan sering kebingungan dalam mematok harga. Jika menaikan harga tentu para konsumen tidak akan menyukainya. Supaya bisa mengatasi hal tersebut maka survey harga bahan baku yang ada dipasaran sehingga Anda nantinya bisa mendapatkan harga yang sesuia dan lebih terjangkau.
  • Resiko lain adalah apabila lauk pauk yang dijual masih tersisa. Supaya menghindari hal tersbeut maka pehitungkan dahulu jumlah makanan yang akan diproduksi. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi kerugian apabila masakan tidak habis.

Kelebihan Usaha

  • Kelebihan yang ada pada usaha rumah makan sederhana ini adalah dengan banyaknya aktivitas yang dimiliki oleh kebanyakan orang maka mereka pun menjadi tidak sempat dalam memasak makanan. Hal ini lah yang menjadikan usaha rumah makan bisa mengambil keuntungan dengan menawarkan makanan serta lauk pauk yang bermacam – macam.
  • Dalam menjalankan usaha rumah makan ini juga tidak membutuhkan modal yang besar, dan prospek pasar yang bagus. Sehingga para calon pengusaha yang ingin menjalankan usaha rumah makan namun tidak memiliki banyak modal, bisa memanfaatkan hal ini dengan membuat usaha rumah makan sederhana. Modal penting untuk menjalankan usaha rumah makan ini sebenarnya adalah kemampuan dalam mengolah aneka makanan dengan cita rasa yang enak dan pas untuk para konsumen.

Analisa Usaha Rumah Makan Sederhana

Modal Awal Nilai (Rp)
Meja ukuran panjang

Peralatan memasak

Perlengkapan (wadah lauk dan sayur)

900.000

750.000

350.000

Total Modal Awal Rp. 2.000.000

Penyusutan Peralatan

Meja perlengkapan memasak dan perlengkapan lain akan mengalmi penyusutan selama 2 tahun :

Rincian = 1/24 bulan x Rp. 2.000.000

= Rp. 83.333/bulan

Biaya Operasional Per Bulan

Bahan Baku (@Rp. 250.000 / hari x 30 hari

Tabung gas 3 kg (@Rp. 17.000 x 8 tabung)

Perlengkapan (kertas bungksu, plastik)

Biaya penyusutan peralatan

Biaya transportasi

Biaya kebersihan serta keamanan

7.500.000

136.000

450.000

83.333

400.000

70.000

Total Biaya Operasional Rp. 8.639.333

Pendapatan Per Bulan

Perkiraan penjualan rata – rata :

Lauk ayam : @Rp. 5.000 x 20 potong x 30 hari

Lauk ikan : @Rp. 4.500 x 16 potong x 30 hari

Lauk telur : @Rp. 2.000 x 16 butir x 30 hari

Lauk tempe / tahu : @Rp. 1.000 x 35 buah x 30 hari

Aneka sayuran : @Rp. 2.500 x 35 bungkus x 30 hari

3.000.000

2.160.000

960.000

1.050.000

2.625.000

Total Penjualan Rp. 9.795.000

Laba Bersih per Bulan

Total Penjualan – Total Biaya Operasional = Rp. 9.795.000 – Rp. 8.639.333
= Rp. 1.155.667

Kunci Sukses

Agar bisa mencapai suatu kesukseskan dalam menjalankan usaha rumah makan sederhana dengan aneka jenis lauk pauk, maka jaga kualitas rasa serta masakan yang ditawarkan pada konsumen, berikan harga yang terjangkau dan murah meriah untuk semua orang. Hal ini akan membuat para konsumen pasti akan kembali membeli lauk pauk yang ditawarkan.

mesin universal fritterApabila sudah mengetahui deskripsi dari usaha rumah makan sederhana maka untuk menunjang usaha rumah makan menjadi lebih lancar dan stabil perlu menggunakan mesin berkualitas seperti mesin giling bumbu serbaguna. Mesin giling bumbu serbaguna ini akan membantu proses pembuatan bahan – bahan bumbu masakan menjadi lebih mudah cepat dan praktis. Cita rasa dari bumbu – bumbu masakan yang digiling dengan mesin ini pun enak dan tidak menghilangkan rasa. Mesin giling bumbu ini bisa digunakan untuk menggiling aneka jenis bumbu masakan karena fungsinya yang serbaguna. Mesin giling bumbu ini memiliki kualitas yang sempurna untuk menghaluskan bumbu masakan menjadi halus dan lembut sehingga masakan akan memiliki cita rasa yang kuat. Jika Anda tertarik untuk memiliki mesin giling bumbu berkualitas ini bisa dengan mudah mendapatkannya di Toko Mesin Maksindo. Maksindo menyediakan segala jenis mesin untuk membantu usaha menjadi lebih lancar. Datang saja ke showroom Toko Mesin Maksindo dan peroleh mesin dengan harga terjangkau. Demikianlah ulasan tentang peluang usaha rumah makan sederhana dan analisa usahanya, semoga bisa bermanfaat dan membantu para calon pengusaha dalam menjalankan usaha dengan baik dan benar.

Produk lain Peluang Bisnis

Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPeluang Usaha Chicken Salad Italia Dan Analisa Usahanya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama Barang Peluang Bisnis Chicken Katsu dan Analisa Usahanya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPeluang Bisnis Mie Ayam Jamur Hot Plate Dan Analisa Usahanya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPeluang Bisnis Teh Tarik dan Analisa Usahanya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPeluang Usaha Ketupat Nasi Kuning dan Analisa Usahanya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPeluang Usaha Tahu Tek-Tek Lontong Jawa Timur dan Analisa Usahanya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPeluang Usaha Es Puter Lembut dan Analisa Usahanya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPeluang Usaha Burger dan Analisa Usahanya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail

Toko Mesin Maksindo

Toko mesin Maksindo memproduksi dan jual aneka mesin untuk usaha dan bisnis sejak 2004. Toko mesin Maksindo sudah ada di berbagai kota di Indonesia. Anda bisa mendapatkan aneka mesin kami di semua cabang yang sudah ada.