Peluang Usaha Roti Tawar Sandwich Pizza Goreng dan Analisa Usahanya

Roti tawar adalah roti yang banyak kandungan karbohidratnya. Biasanya roti tawar juga digunakan untuk sarapan pagi sebagai pengganti dari nasi. Roti tawar juga sering dijadikan sebagai suatu bisnis usaha. peluang usaha menjalankan roti bakar terlihat dari peluang banyaknya ibu rumah tangga yang menyimpan roti tawar untuk dijadikan menu makan di pagi hari. Biasanya bagi ibu rumah tangga yang bekerja belum sempat masak sehingga memilih untuk menikmati roti tawar untuk pengganjal perut. Roti tawar banyak dijual dianeka toko roti maupun di swalayan. Semakin lama permintaan olahan roti tawar justru semakin meningkat dan peminatnya juga semakin banyak. Maka tak tanggung-tanggung jika sekarang ini banyak orang yang terjun dalam menjalankan olahan makanan roti. Mereka kebanyakan menjalankan usaha roti karena melihat dari segi maraknya pembeli yang berbondong-bondong untuk membeli jenis roti tawar. Dalam pembuatan roti tawar dahulu hanya menggunakan cara yang tradisional dan membutuhkan waktu yang lama. Namun sekarang ini banyak yang menjual aneka mesin yang bisa digunakan untuk proses pembuatan roti sehingga proses produksi akan semakin cepat terselesaikan. Peluang usaha roti juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan. Roti tawar juga bisa dijadikan sebagai olahan makanan yang banyak disukai oleh berbagai kalngan masyarakat. Olahan yang banyak disukai yang menggunakan bahan baku roti tawar yaitu olahan sandwich pizza goreng. Sandwich pizza goreng merupakan olahan makanan dengan cita rasa yang enak. Olahan sandwich biasanya sering disajikan sebagai salah satu menu dalam restoran. Sandwich memang mempunyai cita rasa yang sangat enak dan banyak berbagai kalangan masyarakat yang menyukai olahan sandwich. Sandwich pizza goreng juga bisa dijadikan sebagai bekal anak-anak untuk pergi ke sekolah. Proses pembuatan sandwich pizza goreng sangat mudah dan bahan baku yang digunakan juga mudah untuk diperoleh. Olahan sandwich pizza goreng menggunakan bahan baku dari roti tawar. Untuk harga roti tawar juga sangat terjangkau. Olahan sandwich pizza goreng juga sangat menyehatkan karena dilengkapi dengan berbagai bahan tambahan lainnya seperti telur dan keju yang banyak mengandung protein. Karena proses pembuatan sandwich pizza goreng bisa dilakukan dengan mudah maka Anda bisa membuatnya di rumah. Namun bagi Anda yang sudah bisa membuat olahan sandwich pizza goreng juga bisa mengembangkannya sebagai peluang usaha agar memperoleh keuntungan yang menjanjikan. Sebelum mengembangkan peluang usaha sandwich pizza goreng Anda harus mengetahui beberapa strategi yang harus dilakukan agar semakin mudah. Beberapa strategi menjalankan sandwich pizza goreng seperti yang ada di bawah ini.

Peluang Usaha Roti Tawar Sandwich Pizza Goreng

Apabila dilihat dari peluang usaha makanan memang sangat menguntungkan sekali untuk dilakukan seperti salah satunya olahan sandwich pizza goreng. Olahan sandwich pizza goreng juga bisa menjadi salah satu pilihan menu yang disajikan dalam menjalankan usaha makanan. Karena dilihat dari peminat masyarakat yang menyukai olahan sandwich pizza goreng maka akan sangat menguntungkan sekali jika usaha sandwich pizza goreng dijadikan peluang usaha. Bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan yang sangat menjanjikan maka bisa menjalankan usaha sandwich pizza goreng.

Prospek Usaha Roti Tawar Sandwich Pizza Goreng

Menganai proses dalam menjalankan usaha sandwich pizza goreng memang terlihat lebih cemerlang apabila dibandingkan dengan usaha makanan lainnya. Usaha sandwich pizza goreng sangat cocok sekali untuk dikembangkan di wilayah Indonesia. Biasanya masyarakat Indonesia lebih menyukai olahan makanan yang enak dan melezatkan. Sehingga kemungkinan prospek dalam menjalankan usaha sandwich pizza goreng juga menjanjikan.

Memulai Usaha Roti Tawar Sandwich Pizza Goreng

Bagi Anda yang ingin memulai menjalankan usaha sandwich pizza goreng prosesnya terbilang sangat mudah sekali karena dalam pembuatan sandwich pizza goreng menggunakan bahan baku yang mudah diperoleh. Penggunaan bahan baku roti tawar yang digunakan juga mudah didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk mendapatkan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan sandwich pizza goreng bisa diperoleh diberbagai pasar modern dan juga pasar tradisional. Usaha sandwich pizza goreng juga tidak membutuhkan modal yang banyak namun keuntungan yang didapatkan juga lumayan menjanjikan.

Pelaku Usaha Roti Tawar Sandwich Pizza Goreng

Semua kalangan masyarakat bisa menjalankan usaha sandwich pizza goreng. Dalam menjalankan usaha makanan seperti sandwich pizza goreng memang tidak memandang status dan jabatan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan dari usaha sandwich pizza goreng sebaiknya menjalankannya sebagai peluang usaha. Dalam menjalankan usaha Anda jangan pernah takut bersaing. Membuat olahan makanan dengan cita rasa enak tentunya juga akan menjadi kesuksesan dalam menjalankan usaha yang dijalankan. Bagi Anda yang sudah mempunyai usaha juga bisa tetap menjalankan usaha sandwich pizza goreng untuk dijadikan sebagai usaha sampingan.

Lokasi Strategis Dalam Berjualan Roti Tawar Sandwich Pizza Goreng

Lokasi penjualan makanan memang harus diperhatikan karena pemilihan lokasi yang tepat akan menunjang kelancaran usaha makanan yang dijalankan. Jika menjalankan usaha makanan maka pilihlah lokasi yang ramai atau yang sering dikunjungi oleh masyarakat seperti di lokasi tempat wisata, lokasi dekat kampus, lokasi di pinggir jalan dan masih banyak lagi.

Strategi Promosi Usaha Roti Tawar Sandwich Pizza Goreng

Bagi Anda yang menjalankan usaha sandwich pizza goreng dan ingin usaha yang dijalankan supaya tetap berjalan lancar tentunya diperlukan strategi pemasaran yang bisa menarik konsumen untuk menikmati olahan makanan yang Anda buat. Untuk usaha makanan bisa dilakukan dengan memasang spanduk yang diberi tulisan menu makanan yang disajikan. Selain menggunakan spanduk maka bisa dilakukan dengan memasarkan dengan cara promosi. Sebenarnya untuk memasarkan olahan makanan bisa dilakukan dengan berbagai cara sehingga bagi Anda menjalankan usaha makanan bisa memilih untuk memasarkan dengan caranya masing-masing.

Keuntungan Pilihan Menjalankan Usaha Roti Tawar Sandwich Pizza Goreng

Keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjalankan usaha sandwich pizza goreng juga sangat menjanjikan. Keuntungan yang diperoleh lumayan cukup besar sehingga bagi Anda yang binggung untuk menjalankan usaha yang tepat maka bisa memilih untuk menjalankan usaha sandwich pizza goreng. Semoga saja keuntungan yang bisa diperoleh dengan menjalankan usaha makanan sandwich pizza goreng bisa bermanfaat untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa penjelasan di atas merupakan penjelasan yang sangat penting apabila ingin mengembangkan usaha sandwich pizza goreng. Setelah mengetahui strategi dalam menjalankan usaha sandwich pizza goreng maka juga harus bisa membuat olahan sandwich pizza goreng dengan cita rasa yang enak. Agar memudahkan dalam proses pembuatan sandwich pizza goreng sebaiknya menggunakan resep yang telah disediakan.

Resep Roti Tawar Sandwich Pizza Goreng

resep-sandwich-pizza-goreng-tokomesin

Bahan:

  • Roti tawar potong segitiga 8 lembar
  • Tomat 2 buah diiris 8 buah
  • Keju mozarela
  • Peperoni atau smoked beef 16 lembar
  • Telur ayam 4 butir
  • Susu 50 ml
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng.

Cara membuat roti tawar sandwich pizza goreng:

  • Kocok telur dan susu dalam sebuah wadah.
  • Tambahkan garam atau merica.
  • Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang.
  • Tumpuk roti dengan tomat, mozarella dan 2 lembar pepperoni.
  • Lalu tutup lagi dengan roti.
  • Tekan permukaannya, dan pencet ujung-ujungnya agar menempel.
  • Masukkan sancdwich ke dalam adonan telur selama 30 detik untuk tiap sisinya.
  • Pencet lagi agar menempel pada ujung-ujungnya.
  • Goreng satu buah per satu kali goreng.
  • Goreng selama 2 menit di setiap sisinya.
  • Balik dengan penjepit, masak hingga kecoklatan.
  • Angkat, tiriskan.
  • Sajikan pada piring dengan pernik sayuran atau saus.
  • Sandwich pizza goreng siap untuk dinikmati.

Setelah mengetahui proses pembuatan sandwich pizza goreng yang sangat mudah untuk dilakukan pastinya Anda ingin mencoba membuatnya di rumah. Proses pembuatan sandwich pizza goreng tidak sesulit apa yang dibayangkan. Dengan adanya resep sandwich pizza goreng yang telah disediakan akan semakin mudah jika olahan sandwich pizza goreng dikembangkan dalam usaha. Semoga saja peluang bisnis sandwich pizza goreng yang dijalankan bisa berjalan lancar.

Analisa Usaha Roti Tawar Sandwich Pizza Goreng

Asumsi

  • Masa penggunaan etalase selama waktu 4.5 tahun.
  • Masa penggunaan kompor serta tabung gas selama waktu 4 tahun.
  • Masa penggunaan wajan selama waktu 3.5 tahun.
  • Masa penggunaan wadah selama waktu 2 tahun.
  • Masa penggunaan piring selama waktu 2.5 tahun.
  • Masa penggunaan sendok selama waktu 5 tahun.
  • Masa penggunaan garpu selama waktu 5 tahun.
  • Masa penggunaan pisau selama waktu 5 tahun.
  • Masa penggunaan meja dan kursi selama waktu 4.5 tahun.
  • Masa penggunaan peralatan tambahan selama waktu 1.5 tahun.

Investasi

Peralatan Harga  
Etalase Rp.     1,350,000
Kompor dan gas Rp.      250,000
Wajan Rp.      100,000
Wadah Rp.          60,000
Piring Rp.      150,000
Sendok Rp.          75,000
Garpu Rp.          75,000
Pisau Rp.          75,000
Meja dan Kursi Rp.      750,000
Peralatan tambahan Rp.          50,000
Jumlah Investasi Rp.     2,935,000

 

Biaya Operasional per Bulan
Biaya Tetap
Penyusutan etalase 1/60 x Rp. 1.350.000 Rp.          23,000
Penyusutan kompor 1/50 x Rp. 250.000 Rp.            5,000
Penyusutan wajan 1/45 x Rp. 100.000 Rp.            2,000
Penyusutan wadah 1/45 x Rp. 60.000 Rp.            1,500
Penyusutan piring 1/45 x Rp. 150.000 Rp.            3,000
Penyusutan sendok 1/45 x Rp. 75.000 Rp.            1,500
Penyusutan garpu 1/45 x Rp. 75.000 Rp.             1,500
Penyusutan pisau 1/45 x Rp. 75.000 Rp.            1,500
Penyusutan meja dan kursi 1/60 x Rp. 750.000 Rp.          13,000
Penyusutan alat tambahan 1/35 x Rp. 50.000 Rp.            1,000
Total Biaya Tetap Rp.          53,000

 

Biaya Variabel
Roti tawar Rp.      30,000 x 30 = Rp.      900,000
Tomat Rp.      10,000 x 30 = Rp.      300,000
Keju Rp.      20,000 x 30 = Rp.      600,000
Peperoni Rp.      15,000 x 30 = Rp.      450,000
Telur Rp.      20,000 x 30 = Rp.      600,000
Susu Rp.      15,000 x 30 = Rp.      450,000
Garam Rp.        1,000 x 30 = Rp.          30,000
Minyak goreng Rp.      15,000 x 30 = Rp.      450,000
Total Biaya Variabel Rp.     3,780,000

 

Total Biaya Operasional
Biaya tetap + biaya variabel = Rp.    3,833,000

 

Pendapatan per Bulan
Penjualan rata – rata =
   17       Porsi x     Rp.     10,000 = Rp.        170,000
  Rp.     170,000 x     30         hr = Rp.     5,100,000

 

Keuntungan per Bulan
Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
Rp.    5,100,000    3,833,000 = Rp.    1,267,000

 

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan = Rp.    2,935,000 :    1,267,000 =    2 bln

 

Jadi, keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjalankan usaha sandwich pizza goreng selama satu bulannya akan mendapatkan omzet sebesar Rp. 1.267.000 dengan penggunaan modal usaha yang diperlukan untuk membeli peralatan bisa diperoleh kembali setelah usaha yang dijalankan berjalan selama 2 bulan. Tentunya waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan modal yang digunakan tidak terlalu lama. Dengan hal ini pastinya Anda akan tertarik untuk menjalankan peluang usaha sandwich pizza goreng. Agar memudahkan dalam menghitung keuntungan yang diperoleh dalam menjalankan usaha sandwich pizza goreng maka Anda bisa menggunakan hitungan peluang usaha yang telah disediakan. Untuk setiap harga satuan bisa Anda sesuaikan dengan biaya yang telah Anda keluarkan.

mesin dough mixer-tokomesinDemikian tadi adalah peluang usaha yang bisa Anda lakukan dengan menjalankan usaha sandwich pizza goreng. Usaha sandwich pizza goreng membutuhkan roti tawar dengan jumlah yang banyak jika usaha yang dijalankan berjalan lancar. Pembuatan roti tawar sebenarnya bisa dilakukan sendiri apalagi saat ini dalam proses pembuatan roti bisa dilakukan dengan menggunakan mesin usaha. Penggunaan mesin usaha yang bisa digunakan dalam pembuatan roti tawar dikenal dengan mesin dough mixer. Mesin dough mixer merupakan mesin usaha yang dapat digunakan untuk membantu proses pembuatan roti tawar. Jika Anda ingin menggunakan mesin dough mixer dalam usaha yang dilakukan maka bisa mendapatkan mesin dough mixer yang berkualitas hanya di Toko Mesin Maksindo.

Leave a Reply