Peluang Usaha Opor Ayam Kampung dan Analisa Usahanya

Peluang Usaha Opor Ayam Kampung dan Analisa Usahanya

Peluang usaha opor ayam kampung merupakan salah satu kegiatan usaha yang memiliki prospek positif kedepannya. Nama olahan makanan opor ayam ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Opor ayam merupakan salah satu masakan yang terbuat dari daging ayam yang memiliki kuah kental dengan campuran beberapa bumbu rempah – rempah. Masakan opor ayam ini terkenal sebagai makanan dengan kuah yang sangat gurih. Maka tidak heran opor ayam ini menjadi salah satu menu favorit di atas meja makan. Opor ayam merupakan salah satu hidangan yang sering muncul dalam momentum lebaran atau hari raya dan acara-acara spesial lainnya. Akan tetapi dalam keseharian, menu opor ayam juga tidak mesti ditiadakan dalam daftar menu makan mingguan atau bulanan. Hal ini dikarenakan terdapat aneka macam cara membuat opor ayam sehingga bisa menjadi variasi hidangan untuk menambah spesial menu makan rumahan sehari-hari. Lalu seperti apakah cara untuk membuat opor ayam ini ? di bawah ini akan saya berikan resep untuk membuat opor ayam.

Resep Opor Ayam

opor-ayam-tokomesin

 

Bahan dan Bumbu :

  • ½ kg daging ayam, potong-potong
  • 1 gelas (200cc) santan
  • 1 gelas air
  • 1 lembar daun salam
  • 2 batang serai, digeprek
  • garam, gula dan penyedap sesuai selera
  • 1 sdm minyak untuk menumis

Haluskan :

  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri, goreng
  • 1 sdt ketumbar
  • ½ sdt pala
  • 3 cm lengkuas
  • 2 cm kunyit
  • 3 cm jahe

CARA MEMASAK OPOR AYAM ENAK DAN SEDERHANA :

  • Daging ayam dibersihkan lalu rebus sebentar, sisihkan.
  • Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan santan dan air lalu aduk. Beri garam, gula dan penyedap secukupnya lalu masukkan daun salam dan serai.
  • Masukkan daging ayam yang sudah direbus, aduk lalu masak hingga ayam matang dan empuk. Angkat dan sajikan.

Nah, itu tadi resep untuk membuat sayur opor ayam sangat mudah bukan cara pembuatannya, Anda yang sangat gemar dengan olahan makanan sayur opor ini Anda bisa mencobanya di rumah yang kemudian bisa Anda kembangkan menjadi usaha sampingan Anda yang bisa menambah pendapatan ekonomi Anda. Jika Anda merasa tertarik untuk memanfaatkan peluang bisnis sayur opor ayam  ini di bawah ini akan saya berikan contoh sederhana bentuk analisa dari usaha sayur opor ayam. Untuk menjalankan usaha ini terbilang cukup mudah dan tidak rumit hanya membutuhkan ketelatenan dan kejelian dalam mengatur kegiatan usaha agar kegiatan usaha dapat berjalan lebih optimal.

Contoh analisa usaha sayur opor ayam

Hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha sayur opor ayam adalah masalah kebersihan makanan yang akan diberikan kepada konsumen, kerena usaha ini terbilang cukup mudah dalam proses pembuatan opor ayam sendiri. Mungkin banyak pelaku usaha yang juga menjalankan usaha opor ayam ini.  Untuk dapat bersaing dengan para pedagang sayur opor yang lain maka Anda harus lebih mengutamakan kualitas dari sayur opor Anda baik dari segi rasa maupun kebersihan lokasi usaha. kebersihan tempat dan kebersihan makanan sangat besar pengaruhnya terhadap pembeli.

Cara Memulai Usaha sayur opor ayam

Untuk memulai usaha sayur opor ayam ini seorang pengusaha yang masih dini atau dapat dikatakan masih belum mempunyai pengalaman dalam berwirausaha hal yang harus diperhatikan adalah melihat seberapa besar peluang pasar yang bisa dimasuki. Seorang pengusaha juga harus melakukan riset dan segmentasi pasar dengan tujuan untuk mengatahui seberapa besar pesaing yang ada di pasaran. Selain itu segmentasi pasar ini juga bertujuan untuk mencari kelemahan dan kelebihan para pedagang sayur opor yang lain. Selain proses analisa pasar yang harus dilakukan perencanaan keuangan usah juga harus dikontrol untuk menjaga kestabilan keuangan usaha. Di bawah ini akan saya  berikan contoh perencanaan keuangan untuk usaha sayur opor ayam.

Contoh perencanaan keuangan usaha sayur opor ayam

a. Biaya Investasi
Keterangan Nominal
etalase  Rp   500.000
meja kursi  Rp 500.000
alat makan dan alat masak  Rp  500.000
gerobak  Rp 400.000
Total Biaya Investasi  Rp 1.900.000
b. Biaya operasional
1. biaya tetap
penyusutan etalase 1/36 *500.000  Rp 13.889
penyusutan meja kursi 1/24 * 500.000  Rp  20.833
penyusutan alat makan dan alat masak 1/24 * 500.000  Rp 16.667
penyusutan gerobak lainnya 1/24*400.000  Rp 18.750
uang kebersihan  Rp 5.000
upah karyawan  –
Total Biaya tetap  Rp  75.139
2. Biaya variabel  Rp 220.000
daging ayam  Rp 62.000
kelapa  Rp 32.000
serai  Rp 3.000
gula  Rp  47.000
bawang merah  Rp 26.000
lain – lain  Rp 162.000
Total Biaya variabel  Rp 332.000
Total baiya operasional  Rp 407.139
C. Penerimaan satu bulan
100  porsi sayur opor ayam x Rp 8.000  Rp 800.000
D. Keuntungan per bulan  Rp  392.861

Lama Balik Modal :

Total Investasi : keuntungan usaha

Rp    1.900.000  : Rp  239.583 = bulan ke 4,8 atau bulan ke 5.

Dari contoh perhitungan yang ada di atas, dengan menggunakan asumsi Anda menggunakan sejumalah uang yang besarnya  Rp  1.900.000  yang dialokasikan untuk investasi, dan untuk alokasi biaya tetap Rp 75.139, untuk  biaya variable Rp  332.000 dan Rp  407.139 untuk total biaya operasional. Dari usaha ini diasumsikan dalam satu bulan totalnya penerimaaan yang di dapat dari penjualan sayur opor ayam sebanyak 100 porsi dengan harga Rp 8.000 per porsi adalah Rp 800.000 Dari penerimaan tersebut didapatkan keuntungan penjualan sayur opor ayam yang besarnya Rp  392.861. Dari Nilai keuntungan tersebut Anda akan menggalami pengembalian modal pada saat kurang lebih bulan ke 5.

mesin-parut-kelapa-prt50-tokomesinDalam menjalankan usaha sayur opor ayam ini tentunya Anda memperlukan peralatan yang mendukung. Demi mewujudkan kelancaran usaha yang lebih maksimal, kami dari Toko Mesin Maksindo memenawarkan kepada Anda mesin parut kelapa.  Mesin parut kelapa  ini memiliki kegunaan untuk memarut kelapa untuk bumbu masak. Dengan menggunakan parut kelapa, Anda akan mendapatkan kemudahan saat proses pemarutan kelapa.  Dengan mesin parut kelapa  ini Anda akan mendapatkan hasil parutan yang lebih cepat jika dibandingkan Anda menggunakan alat pemarut kelapa manual.   Jika Anda berminat untuk menggunakan mesin parut kelapa ini Anda bisa mendapatkannya hanya di Toko Mesin maksindo atau Anda dapat mengunjungi web kami di www.tokomesin.com.

Demikianlah sedikit penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada Anda yang berkaitan dengan peluang usaha sayur opor ayam  dan contoh analisa usahanya. Semoga dengan penjelasan yang telah kami sampaikan ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca. Dan bagi Anda yang saat ini  sedang menjalankan usaha sayur opor ayam   Anda dapat menggunakan  mesin parut kelapa dari Toko   Mesin Maksindo. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat

 

Leave a Reply