Peluang Usaha Ikan Gurami Saus Asam Manis dan Analisa Usahanya

Info Peluang Usaha Ikan Gurami Saus Asam Manis  -Ikan Gurame merupakan ikan konsumsi dengan harga relatif mahal dibanding ikan air tawar lainnya namun tetap digandrungi karena rasanya gurih dan tidak memiliki duri halus seperti ikan mas sehingga lebih mudah disantap. Manfaat ikan gurame mungkin banyak disepelekan orang, salah satu jenis ikan tanah ini adalah salah satu ikan yang memiliki nutrisi super tinggi. Ikan yang cukup terkenal dan menjadi menu favorite masyarakat Indonesia. Gurame sendiri memiliki kandungan protein sebanyak 19%. Hasil ini jauh lebih tinggi dari jenis ikan lainya seperti ikan lele, ikan nila, dan ikan mas. Terlebih kandungan asam amino essensial yang dihasilkan cukup besar. Kelezatan yang dimiliki oleh ikan gurami ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dijadikan olahan masakan dengan cita rasa yang sangat nikmat. Salah satu masakan yang menggunakan ikan gurame adalah ikan gurami saus asam manis. Masakan ikan gurami saus asam manis merupakan masakan yang memiliki ciat rasa yang enak dan lezat. Masakan ikan gurami saus asam manis ini juga telah banyak tersedia di restoran – restoran. Karena ikan gurami saus asam manis peminatnya mulai dari anak – anak hingga kalang dewasa hal banyak masyarakat yang memilih babat goreng untuk kegiatan usaha mereka. Namun tidak sedikit dari mereka yang belum mengetahui cara pembuatan dari ikan gurami saus asam manis. Untuk membuat ikan gurami saus asam manis ini sangat mudah. Di bawah ini akan saya berikan resep untuk membuat ikan gurami saus asam manis.

Resep ikan gurami saus asam manis

index-tokomesin

Bahan bahan Resep Gurame Asam Manis

  • Ikan Gurame ukuran sedang kecil sebanyak 1kg (kira kira dapat 2 atau ukuran yang besar sekalian 1 kg). Cuci bersih dengan air mengalir, belah dan keluarkan isi perutnya.
  • Bawang putih lokal ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs. 2pcs dimemarkan digunakan untuk membuat saosnya dan sisanya dihaluskan untuk dioleskan ke ikan guramenya.
  • Tepung maizena yang kualitas bagus kurang lebih sebanyak 4-5 sendok makan.
  • Garam dapur beryodium, gula pasir putih dan merica secukupnya.
  • Daun bawang segar sebanyak 1-2 batang. Cuci bersih dan potong kecil kecil.
  • Bawang bomay ukuran kecil sebanyak 1 pcs. Kupas dan potong kecil kecil agak menyerong.
  • Cabai merah kurang lebih 3-4 pcs. Cuci bersih dan potong juga agak menyerong.
  • Saus tomat yang bagus sebanyak 4-5 sendok makan.
  • Air bersih kurang lebih sebanyak 150 cc.
  • Cuka kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil.
  • Buah ketimun dan wortel secukupnya untuk sayuran saosnya.
  • Jahe kupas bersih kurang lebih sepanjang 2 cm.
  • Margarin kurang lebih 2 sendok makan untuk menumis.
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng.

Cara Masak Resep Ikan Gurame Asam Manis

  • Setelah ikan dibersihkan dan dibelas, lumuri dengan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam dan sedikit merica sampai rata.
  • Lumuri gurame dengan tepung maizena sampai semua bagian tertutup.
  • Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil. Beri minyak cukup dan goreng ikan gurame diatas samapi semua bagian terendam ke dalam minyak. Goreng sebentar saja sampai agak kecoklatan dan tiriskan.
  • Siapkan penggoengan lagi dan beri margarin untuk menumis bumbu sausnya.
  • Masukkan 2pcs bawang putih dan bawang bombaynya. Aduk sebentar sampai tercium bau harum.
  • Masukkan jahe yang sudah dimemarkan, daun bawang, garam secukupnya, merica, gula, cuka dan saus tomatnyanya. Aduk semua bahan sampai rata.
  • Masukkan wortel dan timunnya. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  • Campur air dan tepung maizenanya lalu masukkan ke dalam bahan bahan bumbu diatas. Masak sebentar sampai saos agak mengental.
  • Masukkan ikan yang sudah doreng diatas dan aduk aduk sebentar supaya bumbu agak masuk kedalamnya.

Nah, itu tadi resep untuk membuat ikan gurami saus asam manis sangat mudah bukan cara pembuatannya, Anda yang sangat gemar dengan olahan kue pai kismis kelapa muda ini Anda bisa mencobanya di rumah yang kemudian bisa Anda kembangkan menjadi usaha sampingan Anda yang bisa menambah pendapatan ekonomi Anda. Jika Anda merasa tertarik untuk memanfaatkan peluang bisnis ikan gurami saus asam manis di bawah ini akan saya berikan contoh sederhana bentuk analisa dari usaha ikan gurami saus asam manis. Untuk menjalankan usaha ini terbilang cukup mudah dan tidak rumit hanya membutuhkan ketelatenan dan kejelian dalam mengatur kegiatan usaha agar kegiatan usaha dapat berjalan lebih optimal.

Contoh analisa usaha kue pai kismis kelapa muda

Usaha yang bergerak dalam bidang makanan memang banyak peminatnya, baik untuk usaha sampingan maupun usaha utama. Secara umum setiap menjalankan usaha pasti memiliki tujuan. Sama halnya dengan usaha yang bergerka dalam bidang kuliner juga memiliki tujuan. Misalnya untuk menambah pendapatan kleuarga, membuka lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi angka pengangguran yang semakin tinggi. Usaha ikan gurami saus asam manis ini memiliki prospek yang sangat baik untuk dikembangkan. Selain untuk mendapatkan bahan baku yang sangat mudah. Pengerjaan usaha ikan gurami saus asam manis ini juga sangat mudah. ikan gurami saus asam manis merupakan makanan yang banyak dicari oleh semua masyarakat mulai dari kalangan ekonomi menengah hingga kalangan ekonomi atas, jadi peluang untuk bisa masuk di pasaran sangat besar.

Asumsi yang digunakan :

  • Untuk penyusutan etalase selama 3 tahun
  • Untuk penyusutan meja kursi selama 2 tahun
  • Untuk penyusutan kompor selama 2 tahun
  • Untuk penyusutan perlengkapan lainnya selama 2 tahun
a. Biaya Investasi
Keterangan Nominal
etalase Rp374.000
meja kursi Rp572.000
kompor Rp900.000
LAIN – LAIN Rp704.000
Total Biaya Investasi Rp2.550.000
b. Biaya operasional
1. biaya tetap
penyusutan etalase 1/36 *374.000 Rp10.389
penyusutan meja kursi 1/24 *572.000 Rp23.833
penyusutan dan kompor 1/24 * 900.000 Rp37.500
penyusutan LAINNYA 1/24*704.000 Rp29.333
uang kebersihan Rp5.000
upah karyawan Rp37.000
Total Biaya tetap Rp143.056
2. Biaya variabel
ikan gurami Rp90.000
bawang putih Rp65.000
tepung maizena Rp25.000
garam Rp93.000
daun bawang Rp1.000
lain – lain Rp27.000
Total Biaya variabel Rp211.000
Total baiya operasional Rp354.056
C. Penerimaan satu hari
35 bungkus ikan gurami saus asam manis X Rp 16.000 Rp560.000
D. Keuntungan per hari Rp205.944
Keuntungan dalam satu bulan Rp6.178.333

Pengembalian modal :

Total biaya investasi : keuntungan penjualan

Rp 2.550.000 : Rp 6.178.333

= 0.41

Dari contoh perhitungan yang ada di atas, dengan menggunakan asumsi Anda menggunakan sejumalah uang yang besarnya Rp 2.550.000 yang dialokasikan untuk investasi, dan untuk alokasi biaya tetap Rp 143.056 untuk biaya variable Rp 211.000 dan Rp 354.056 untuk total biaya operasional. Dari usaha ini diasumsikan dalam satu hari totalnya penerimaaan yang di dapat dari penjualan ikan gurami saus asam manis adalah sebanyak 30 bungkus dengan harga Rp 16. 000 per porsi adalah Rp 560.000. Dari penerimaan tersebut didapatkan keuntungan penjualan ikan gurami saus asam manis dalam satu bulan adalah  Rp 6.178.333. Dari total keuntungan ini maka Anda akan mengalami pengembalian modal 0.41.

mesin rice cookerDalam menjalankan usaha ikan gurami saus asam manis ini tentunya Anda memperlukan peralatan yang mendukung. Demi mewujudkan kelancaran usaha yang lebih maksimal, kami dari Toko Mesin Maksindo menawarkan  kepada Anda berupa mesin rice cooker. Mesin rice cooker ini memiliki kegunaan untuk memasak nasi dengan cara yang lebih mudah dan lebih praktis. Dengan menggunakan mesin rice cooker ini Anda akan mendapatkan kemudahan saat proses pemasakan nasi. Dengan menggunakan mesin rice cooker ini Anda akan mendapatkan hasil nanakan nasi yang lebih berkualitas. Jika Anda berminat untuk menggunakan mesin rice cooker. Anda bisa mendapatkannya hanya di Toko Mesin maksindo atau Anda dapat mengunjungi web kami di www.tokomesin.com.

Demikianlah sedikit penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada Anda yang berkaitan dengan peluang usaha ikan gurami saus asam manis dan contoh analisa usahanya. Semoga dengan penjelasan yang telah kami sampaikan ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca. Dan bagi Anda yang saat ini  sedang menjalankan usaha ikan gurami asam manis Anda dapat menggunakan   mesin rice cooker dari Toko Mesin Maksindo. Semoga informasi ini dapat memberikan referensi kepada Anda yang saat ini tengah mencari kegiatan usaha makanan apa yang cocok. Usaha ikan gurami saus asam manis ini bisa menjadi destinasi untuk usaha kuliner Anda. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply