Peluang Usaha Ikan Bawal Bakar dan Analisa Usahanya

Peluang Usaha Ikan Bawal Bakar dan Analisa Usahanya

Resep-cara-membuat-masakan-Ikan-BAWAL-BAKAR-dengan-Sambal-Enak-tokomesinIkan bawal merupakan ikan yang banyak di gemari  di berbagai kalangan untuk konsumsi. ikan ini juaga telah dibuat dalam banyak makanan olahan yang memiliki cita rasa tinggi untuk bersaing dengan spesies ikan yang berasal dari ikan kelas atas. Salah satu jenis ikan tawar yang cukup terkenal di Indonesia. Ikan Marukoban atau lebih dikenal sebagai Ikan Bawal ternyata juga memiliki kandungan mutu gizi tinggi. Meskipun dalam segi peminat, ikan bawal masih kalah jauh dengan ikan tuna dan lele. Namun jika mengaku pecinta seafood, harus mencoba kelezatan jenis ikan ini. Dengan mengkonsumi ikan bawal ini dapat membantu pertembuhan kesehatan otak pada anak, Mencegah Stroke, Mengurangi Resiko Penyakit Jantung, Mengontrol Kadar Kolesterol. Ikan bawal ini bisa diolah menjadi makanan yang lezat yaitu ikan bawal bakar. Ikan bawal bakar ini cocok banget dimakan bersama nasi hangat dan lalapan. Tips nya agar bawal tidak bau tanah..rendam bawal dengan air jeruk nitis dan garam dlm waktu yang lama sehingga amisnya ternetralisir dengan jeruk nipis.ikan bawal ini memiliki tekstur daging yang empuk maka tidak heran ikan bawal bakar ini banyak dinikmati oleh semua kalangan baik dari kalangan anak – anak hingga kalangan dewasa. Mungkin sebagian dari Anda yang penasaran bagaimana prose pembuatan ikan bawal ini . di bawah ini akan saya berikan resep untuk membuat ikan bawal bakar.

Resep ikan bawal bakar

unduhan-tokomesin

Bahan :

3 ekor ikan bawal bersihkan

2 sdm air jeruk nipis 1 sdt garam

100 ml kecap

Bumbu Olesan, kemudian dihaluskan :

4 buah cabai merah

2 buah cabai rawit

3 siung bawang putih

2 butir bawang merah

½ sdt merica butiran 1 sdt garam

Cara Pembuatan Ikan bawal bakar :

Pertama bersihkan sisik dan isi perut ikan.

Potong ikan menjadi 2 Kerat-kerat agak rapat kedua sisi badannya.

Berikan air jeruk nipis dan garam hingga rata di ikannya.

Biarkan selama selang waktu 30 menit.

Campur Kecap Bango dengan Bumbu Halus hingga rata.

Olesi kedua sisi badan ikan dengan bumbu hingga rata diamkan sebentar.. Bakar di atas bara api hingga kering dan matang.

Sajikan pada waktu masih hangat dengan pelengkapnya.

Nah, itu tadi resep untuk membuat ikan bawal bakar sangat mudah bukan cara pembuatannya, Anda yang sangat gemar dengan olahan ikan bawal bakar ini Anda bisa mencobanya di rumah yang kemudian bisa Anda kembangkan menjadi usaha sampingan Anda yang bisa menambah pendapatan ekonomi Anda. Jika Anda merasa tertarik untuk menjalankan usaha ikan bawal bakar ini di bawah ini akan saya berikan contoh sederhana bentuk analisa dari usaha ikan bawal bakar.  Untuk menjalankan usaha ini terbilang cukup mudah dan tidak rumit hanya membutuhkan ketelatenan dan kejelian dalam mengatur kegiatan usaha agar kegiatan usaha dapat berjalan lebih optimal.

Contoh Analisa Usaha Ikan Bawal Bakar

Latar Belakang Usaha

Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu makanan yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok menjadi makanan konsumsi untuk siang, sore, maupun malam hari, dan sekaligus merupakan makanan yang juga cukup istimewa adalah ikan bawal bakar.

Tujuan Menjalankan Usaha Ikan Bawal Bakar

  • Mencari keuntungan/laba dan memberikan kepuasan bagi pihak konsumen
  • Menarik minat konsumen untuk merasakan masakan yang sudah cukup terkenal.
  • Mencapai target penjualan.
  • Memberikan inovasi makanan kepada konsumen.
  • Memberikan alternative makanan tambahan bagi konsumen.
  • Menciptakan usaha yang sehat dan menciptakan income yang optimal.

 Segmentasi Pasar

Dalam menjalankan usaha ikan bawal bakar ini harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijanali tersebut dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat (konsumen). Selain itu Dalam menjalankan usaha ikan bawal bakar ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau masyarakat (konsumen) Dan  harus menetapkan target/sasaran pasar usaha dengan cara melihat perbedaanya agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam membelinya.

Analisa Keuangan Usaha Ikan Bawal Bakar

a. Biaya Investasi
Keterangan Nominal
etalase  Rp 630.000
meja kursi  Rp 510.000
kompor  Rp 310.000
LAIN – LAIN  Rp 100.000
Total Biaya Investasi  Rp 1.550.000
b. Biaya operasional
1. biaya tetap
penyusutan etalase 1/36 *630.000  Rp 17.500
penyusutan meja kursi 1/24 *510.000  Rp 21.250
penyusutan  dan kompor 1/24 *310.000  Rp 4.167
penyusutan LAINNYA 1/24*100.000  Rp 18.750
uang kebersihan  Rp 9.000
upah karyawan  Rp 74.000
Total Biaya tetap  Rp 144.667
2. Biaya variabel
ikan bawal  Rp 80.000
jeruk nipis  Rp 8.000
kecap  Rp 45.000
bawang putih  Rp 25.000
bawang merah  Rp 44.000
lain – lain  Rp 58.000
Total Biaya variabel  Rp  180.000
Total baiya operasional  Rp 324.667
C. Penerimaan satu hari
50 porsi ikan bawal bakar x Rp 13.000  Rp  650.000
D. Keuntungan per hari  Rp 325.333
Keuntungan dalam satu bulan  Rp 9.760.000

Pengembalian modal :

Total biaya investasi : keuntungan penjualan

Rp  1.550.000 : Rp  9.760.000 = 0,01

Dari contoh perhitungan yang ada di atas, dengan menggunakan asumsi Anda menggunakan sejumalah uang yang besarnya Rp  1.550.000 yang dialokasikan untuk investasi, dan untuk alokasi biaya tetap Rp  144.667 untuk  biaya variable Rp   180.000 dan Rp   324.667 untuk total biaya operasional. Dari usaha ini diasumsikan dalam satu hari totalnya penerimaaan yang di dapat dari penjualan ikan bawal bakar adalah sebanyak  50 porsi dengan harga Rp 13. 000 per porsi adalah Rp 650.000.   Dari penerimaan tersebut didapatkan keuntungan penjualan ikan bawal bakar Rp 9.760.000 Dari total keuntungan ini maka Anda akan mengalami pengembalian modal 0,01.

Mesin-Griddle-Chargrill-tokomesinDalam menjalankan usaha ikan bawal bakar ini tentunya Anda memperlukan peralatan yang mendukung. Demi mewujudkan kelancaran usaha yang lebih maksimal, kami dari Toko Mesin Maksindo menawarkan  kepada Anda berupa mesin pemanggang griddle (gas – listrik).   mesin pemanggang griddle (gas – listrik) ini memiliki kegunaan untuk memanggang ikan bawal.  Dengan menggunakan mesin pemanggang griddle (gas – listrik) ini Anda akan mendapatkan kemudahan saat proses pemanggangan ikan bawal.  Dengan  menggunakan mesin pemanggang griddle (gas – listri) ini Anda akan mendapatkan hasil panggangan yang lebih berkualitas.  Jika Anda berminat untuk menggunakan mesin pemanggang griddle (gas – listrik) Anda bisa mendapatkannya hanya di Toko Mesin maksindo atau Anda dapat mengunjungi web kami di www.tokomesin.com.

Demikianlah sedikit penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada Anda yang berkaitan dengan peluang usaha ikan ikan bawal bakar  dan contoh analisa usahanya. Semoga dengan penjelasan yang telah kami sampaikan ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca. Dan bagi Anda yang saat ini  sedang menjalankan usaha ikan bawal bakar  Anda dapat menggunakan   mesin pemanggang griddle (gas – listrik) dari Toko Mesin Maksindo. Semoga informasi ini dapat memberikan referensi kepada Anda yang saat ini tengah mencari kegiatan usaha makanan apa yang cocok. Usaha ikan bawal bakar  ini bisa menjadi  destinasi untuk usaha kuliner Anda. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply