Peluang Usaha Bajigur Durian dan Analisa Usahanya

Buah durian adalah buah yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Hanya dengan menyebutkan namanya saja pasti buah durian adalah buah yang mempunyai duri tajam. Buah durian jika dinikmati akan mempunyai rasa yang sangat manis. Sehingga bagi penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi durian dengan jumlah yang sangat banyak. Warna dari buah durian mempunyai warna kuning. Jenis dari durian sendiri juga sangat banyak. Buah durian juga bisa dijadaikan aneka rasa pada olahan produk makanan. Aroma yang dihasilkan dari durian sangat menyengat sekali sehingga orang sangat mengenal dengan olahan durian. Banyak orang yang menyukai durian namun juga banyak yang tidak menyukai durian. Durian adalah buah yang hanya penen selama satu tahun hanya sekali sehingga wajar saja jika buah durian mempunyai harga yang mahal. Namun jika pada saat panen durian yang banyak harga durian juga terjangkau bagi semua kalangan. Kebanyakan durian sering ditambahkan dalam cita rasa pembuatan roti dan aneka olahan lainnya.Buah durian mempunyai tanaman yang sangat tinggi dan tidak semua wilayah di Indonesia bisa ditanamai dengan pohon durian. Pohon durian hanya bisa tumbuh di berbagai wilayah tertentu yang ada di Indonesia. Untuk saat ini dalam mendapatkan buah durian juga mudah karena banyak penjual durian yang memasarkannya di pinggir-pingir jalan dengan harga yang terjangkau. Tekstur durian sangat lembek sekali sehingga bagi masyarakat yang tidak menyukai tekstur lembek pastinya juga tidak menyukai durian. Bagi yang tidak menyukai durian sebaiknya perlu mengatahui manfaat yang ada didalam buah durian sehingga Anda patut untuk mencobanya. Beberapa manfaat buah durian untuk kesehatan seperti berikut ini :

  1. Buah durian banyak mengandung B komples yang bisa memperbaiki sistem syaraf
  2. Banyak mengandung mineral mangan sehingga membantu memproduksi sel darah merah
  3. Kaya akan sumber kalim yang mempunyai fungsi untuk mengontrol detak jantung
  4. Mengatasi ganguan susah tidur karena mengandung asam amino
  5. Banyak mengandung serat yang mempunyai fungsi untuk melindungi selaput lender yang ada di usus

Setelah mengetahui aneka manfaat dari buah durian pastinya Anda ingin mencoba membuat salah satu olahan durian dengan cita rasa yang enak. Buah durian bisa dibuat menjadi es krim. Es krim adalah sejenis minuman yang mempunyai tektur lembut yang sering disuksi oleh anak-anak. Olahan es krim biasanya mempunyai varian rasa coklat, vanilla, cappuccino dan masih banyak lagi. Namun untuk saat ini bagi Anda yang menyukai olahan durian juga bisa membuat minuman hangat yang dikenal dengan minuman wedang bajigur durian. Wedang Bajigur adalah minuman hangat yang tebuat dari air santan, gula jawa dan kopi. Minuman hangat ini sangat nikmat diminum saat udara dingin seperti pada musim hujan, atau di tempat dingin seperti di pegunungan. Minuman wedang bajigur merupakan minuman khas yang berasal dari daerah Sunda atau yang terletak di Jawa Barat. Biasanya untuk membuat minuman wedang bajigur semakin nikmat dibuat dengan ditambahkan jahe. Selain menggunakan bahan tambahan dari jahe wedang bajigur juga bisa ditambahkan dengan menggunakan buah durian. Aroma dari wedang bajigur durian sangat menggoda sehingga banyak masyarakat ingin menikmatinya. Bagi Masyarakat yang menyukai buah durian pastinya ingin menikmati aneka olahan minuman dan juga makanan yang menggunakan bahan dari buah durian. Sebenarnya untuk proses pembuatan wedang bajigur durian sangat mudah dan Anda bisa melakukanya di rumah. Selain untuk sajian di rumah peluang usaha bajigur durian juga sangat menguntungkan. Jika Anda belum tahu cara pembuatannya maka Anda bisa menggunakan resep yang disediakan berikut ini.

Resep Bajigur Durian

Bajigur-durian-tokomesin

Bahan:

  • Daging durian 300 gram
  • Jahe bakar 50 gram
  • Kopi bubuk 2 sendok teh
  • Santan 1.000 ml dari 1/2 butir kelapa
  • Daun pandan 2 lembar
  • Gula merah sisir 200 gram
  • Kayu manis 5 cm

Cara membuat bajigur durian:

  • Pertama-tama, jahe, gula merah, kayu manis, daun pandan direbus bersama santan menggunakan api kecil sampai harum.
  • Kemudian tambahkan kopi bubuk. Aduk-aduk hingga larut. Tambahkan daging durian. Aduk-aduk lagi.
  • Bajigur durian siap disajikan.

Setelah mengetahui beberapa cara pembuatan wedang bajigur durian dari resep yang telah disediakan pastinya Anda ingin mencoba membuatnya untuk dijadikan peluang usaha. Peluang  usaha wedang bajigur durian juga sangat menguntungkan sehingga Anda harus mencoba membuatnya. Apalagi dengan adanya resep yang disediakan pastinya usaha yang Anda jalankan akan dapat berjalan lancar.

Analisa Usaha  Bajigur Durian

Asumsi

  • Masa penggunaan etalase selama waktu 5.5 tahun.
  • Masa penggunaan kompor serta tabung gas selama waktu 4 tahun.
  • Masa penggunaan panci selama waktu 3 tahun.
  • Masa penggunaan gelas selama waktu 4 tahun.
  • Masa penggunaan sendok selama waktu 5 tahun.
  • Masa penggunaan meja dan kursi selama waktu 4 tahun.
  • Masa penggunaan peralatan tambahan selama waktu 1 tahun.

Investasi

Peralatan Harga  
Etalase Rp.     1,000,000
Kompor dan gas Rp.      250,000
Panci Rp.      100,000
Gelas Rp.      150,000
Sendok Rp.      100,000
Meja dan kursi Rp.      800,000
Peralatan tambahan Rp.          50,000
Jumlah Investasi Rp.     2,450,000

 

Biaya Operasional per Bulan
Biaya Tetap Nilai
Penyusutan etalase 1/60 x Rp. 1.000.000 Rp.          17,000
Penyusutan kompor dan gas 1/50 x Rp. 250.000 Rp.            5,000
Penyusutan wadah 1/60 x Rp. 100.000 Rp.            2,000
Penyusutan gelas 1/50 x Rp. 150.000 Rp.            3,000
Penyusutan sendok 1/50 x Rp. 100.000 Rp.            2,000
Penyusutan meja dan kursi 1/55 x Rp. 800.000 Rp.          15,000
Penyusutan alat tambahan 1/30 x Rp. 50.000 Rp.            1,500
Total Biaya Tetap Rp.          45,500

 

Biaya Variabel
Durian Rp.     50,000 x    30 = Rp. 1,500,000
Jahe Rp.      5,000 x    30 = Rp.        150,000
Bubuk kopi Rp.     10,000 x    30 = Rp.        300,000
Santan Rp.     10,000 x    30 = Rp.        300,000
Daun pandan Rp.      3,000 x    30 = Rp.        90,000
Gula merah Rp.      5,000 x    30 = Rp.        150,000
Kayu manis Rp.      5,000 x    30 = Rp.        150,000
Total Biaya Variabel Rp. 2,640,000

 

Total Biaya Operasional
Biaya tetap + biaya variabel = Rp.    2,685,500

 

Pendapatan per Bulan
Penjualan rata – rata =
  20        Gelas x      Rp.        7,000 = Rp.      140,000
 Rp.     140,000 x      30           hr = Rp.     4,200,000

 

Keuntungan per Bulan
Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
Rp.      4,200,000    2,685,500 = Rp.    1,514,500

 

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan = Rp.    2,450,000 : 1,514,500 =    2 bln

 

Jadi, dengan menjalankan peluang usaha wedang bajigur durian keuntungan yang bisa diperoleh setiap satu bulannya bisa mencapai Rp. 1.514.500 dengan kebutuhan modal yang diperlukan untuk membeli peralatan atau yang dikenal dengan modal investasi bisa diperoleh kembali setelah usaha yang dijalankan berjalan selama 2 bulan. Untuk mengembalikan modal yang digunakan tentunya tidak terlalu lama sehingga usaha wedang bajigur memang sangat menguntungkan untuk dijalani. Jika Anda ingin menjalankan usaha minuman hangat maka bisa menyediakan wedang bajigur durian. Pada saat menjalankan usaha wedang bajigur durian Anda bisa menggunakan hitungan peluang usaha yang disediakan. Namun apabila penggunaan harga bahan baku yang Anda gunakan tidak sesuai dengan hitungan maka akan mempengaruhi hitungan yang disediakan. Apalagi perubahan harga bahan baku tiap harinya bisa berubah-ubah sehingga hitungan yang disediakan hanya bersifat sementara.

mesin-parut-kelapa-prt50-tokomesinDemikian tadi adalah peluang usaha yang sangat menjanjikan dengan menjalankan usaha wedang bajigur durian. Dalam proses pembuatan wedang bajigur durian membutuhkan santan sebagai salah satu bahan yang diperlukan. Santan merupakan cairan yang berasal dari buah kelapa. Untuk menghasilkan santan maka dilakukan proses pemarutan. Proses pemarutan memang pada umunya menggunakan peralatan yang masih sangat sederhana yang dikenal dengan parut. Namun jika kebutuhan santan dengan jumlah banyak maka proses pemarutan akan semakin lama. Agar dalam menjalankan usaha bisa dapat berjalan lancar untuk saat ini proses pemarutan bisa dilakukan dengan menggunakan mesin usaha yang dikenal dengan mesin pemarut kelapa. Kinerja mesin pemarut kelapa bisa memarut kelapa secara otomastis dan proses pemarutan juga lebih cepat. Sehingga jika Anda menjalankan usaha dan membutuhkan santan dengan jumlah banyak maka bisa menggunakan mesin pemarut santan. Untuk pemilihan mesin pemarut kelapa yang berkualitas sebaiknya Anda memilih mesin dengan kualitas terbaik seperti mesin pemarut kelapa yang ada di Toko Mesin Maksindo dan sudah terbukti digunakan oleh beberapa pengusaha sukses.

Leave a Reply