Peluang Bisnis Kopi dan Analisa Usahanya

Kopi merupakan jenis minuman yang banyak disukai banyak orang dari remaja, orang dewasa hingga orang tua. Rasa kopi yang nikmat dan mantap sangat cocok dinikmati saat kapanpun. Meminum kopi sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia sejak dahulu hingga sekarang. Ngopi sendiri banyak dilakukan masyarakat dari pagi hari, siang hari ataupun pada malam hari yang merupakan waktu yang tepat untuk meminum kopi. Tak heran kebiasaan ngopi ini sudah melekat bagi masyarakat dari golongan ekonomi kecil hingga ekonomi atas. Semua lapisan masyarakat memang banyak yang kecanduan kopi sehingga rasanya akan ada yang kurang jika melewatkan waktu untuk meminum kopi.

kopiinstan-tokomesin

Kopi sendiri merupakan jenis minuman yang dibuat dari pengolahan biji kopi. Biji kopi sendiri dihasilkan dari pohon kopi yang telah matang dan tua yang kemudian dikupas serta dikeringkan terlebih dahulu. Setelah tahapan pengeringan berlanjut dengan tahapan penyangraian kopi yang bertujuan untuk menciptakan rasa serta aroma kopi yang lebih nikmat. Proses ini dilakukan dengan menggoreng kopi tanpa menggunakan minyak, setelah tahapan sangrai selesai biji kopi dapat digiling agar menghasilkan bubuk kopi yang halus dan lembut. Bubuk kopi inilah yang dinikmati untuk diseduh menjadi minuman yang nikmat.

Kopi sendiri memiliki banyak kandungan manfaat yang baik bagi tubuh, yakni dari mencegah penyakit diabetes, pencegah penyakit kanker, mencegah penyakit diabetes, pencegah penyakit jantung, mengurangi sakit kepala serta dapat menenangkan hati. Meski banyak anggapan tentang kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dengan stigma negatif, namun dengan jumlah kafein yang tepat ternyata mampu memberikan manfaat yang sangat banyak bagi tubuh.

Negara Indonesia sendiri merupakan negara yang menghasilkan kopi dengan jumlah paling besar di dunia. Tak heran jika kopi dari Indonesia sudah terkenal hingga mendunia. Salah satu jenis kopi yang memiliki peringkat pertama dengan kualitas terbaik dan terunggulnya adalah jenis kopi luwak. Kopi tersebut dihasilkan dari kotoran hewan luwak yang dijual dengan nilai harga paling tinggi.

Banyaknya pecinta kopi di negeri ini dapat menciptakan sebuah peluang bisnis kopi yang menguntungkan serta menjanjikan. Minuman yang menjadi incaran serta hobi masyarakat tentu akan memberikan keuntungan bisnis yang bagus bagi pelaku bisnis kopi. Di masyarakat sendiri telah banyak beterbaran para pelaku bisnis kopi dari warung kopi sederhana hingga kedai kopi modern. Bisnis kopi ini banyak dibanjiri para pengunjung yang ingin nongkrong atau berkumpul dengan teman, saudara, pacar dan lainnya dengan ditemani secangkir kopi. Warung kopi menjadi tempat yang ramai dengan pengunjung kopi dari waktu ke waktu tanpa terkendala cuaca panas maupun hujan. Hal inilah yang membuat banyak pelaku bisnis kopi yang menjadi orang sukses dengan omzet penjualan yang tinggi.

Tertarik untuk mengeluti bisnis kopi yang menjanjikan? Peluang bisnis kopi memang masih terbuka lebar untuk siapa saja yang ingin terjun langsung dalam bisnis tersebut. Bisnis ini mudah dilakukan tanpa harus memiliki keahlian khusus dalam mengelolanya. Membuat kopi memang tidak rumit dan sulit seperti membuat racikan bumbu masakan kuliner. Dengan kemudahan proses pembuatan kopi yang gampang menjadi magnet tersendiri bagi banyak orang untuk menerjuni bisnis kopi. Membuat kopi sendiri memiliki cara yang simple dan umum yakni dengan menaruh gula dan kopi lalu ditambah dengan air panas, kopipun sudah jadi. Cara praktis membuat kopi juga banyaknya penyuka atau penikmat kopi di negeri ini membuat bisnis kopi merupakan suatu bisnis yang menguntungkan. Lantas bagaimana cara mengawali atau membuka bisnis kopi ? Untuk mempelajari bisnis kopi ini Anda dapat menyimak hal-hal di bawah ini :

Penentuan tempat untuk bisnis kopi

Pemilihan tempat menjadi strategi yang pertama yang harus Anda perhatikan karena hal ini sangat berpengaruh terhadap sukses atau tidaknya bisnis kopi yang Anda kelola. Dalam memilih tempat yang akan digunakan dalam bisnis kopi tentu Anda harus melakukan survey terlebih dahulu dengan lokasi yang Anda incar. Pemilihan tempat dengan lokasi yang strategis dengan banyaknya orang ramai menjadi pilihan yang sangat baik untuk menentukan lokasi bisnis kopi. Lokasi ini dapat dipilih seperti pusat kota, tempat rekreasi, mall, sekolah, kampus, pinggiran jalan raya ataupun lokasi yang dekat dengan pabrik atau kawasan kantor.

Menentukan siapa yang membeli kopi

Dalam usaha kopi pemilihan pembeli memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan target yang diincar. Anda harus memperhatikan siapa yang kan membeli kopi Anda, Hal ini dapat diketahui dengan melakukan pengamatan dengan lokasi yang Anda pilih. Selain itu Anda dapat melakukan pengamatan dengan melihat bisnis kopi sukses lainnya dengan mengamati tentang siapa saja yang membeli, cara untuk melayani, harga yang dijual atau konsep usaha yang ada.

Menu kopi yang dihadirkan

Dalam membuka bisnis kopi, Anda juga perlu mempersiapkan menu yang akan menjadi unggulan tersendiri. Suguhan kopi dengan rasa serta varian yang berbeda agar menonjolkan ciri khas yang berbeda dengan usaha lainnya. Contohnya saja membuat kopi dengan menyuguhkan rasa cokelat, caramel, tiramisu, rasa buah, rasa keju dan aneka rasa yang lainnya. Selain menu utama kopi, Anda juga dapat menyuguhkan menu makanan lainnya. Seperti makanan ringan, kue dan jenis minuman yang lainnya.

Perijinan Usaha

Dalam menjalankan bisnis kopi, Anda juga harus memiliki perijinan usaha. Hal ini sangat penting agar usaha kopi yang Anda dirikan tidak illegal karena resmi terdaftar di pemerintahan. Dengan pembuatan ijin usaha, Anda akan semakin mudah mengembangkan serta menyebar luaskan bisnis kopi yang Anda kelola.

Pemilihan Karyawan

Pemilihan karyawan memang memiliki peranan penting untuk melancarkan bisnis kopi Anda. Penentuan karyawan dapat dipilih dengan kriteria karyawan yang bertanggung jawab, dapat dipercaya, rajin bekerja, ramah serta berpenampilan cekatan serta lebih terampil.

Strategi Penjualan Dalam Pemasaran

Memasarkan suatu produk agar banyak diketahui serta dikenal masyarakat luas dapat dilakukan melalui cara pemasaran atau promosi. Promosi ini dapat ditempuh dengan berbagai macam cara yang ada. Anda dapat menggunakan cara off line maupun dengan cara on line. Anda bisa menyebarluaskan melalui brosur de tempat-tempat yang ramai dengan banyak orang. Selain itu Anda juga bisa menempuh dengan mengiklankan bisnis kopi Anda lewat facebook, twitter, bbm, what upp dan lainnya.

Menganalisa Bisnis Kopi

Di bawah ini terdapat skema mengenai bisnis kopi dengan membuat kedai kopi. Adapun biaya serta kebutuhan yang diperlukan untuk memulai serta mengawali bisnis kopi dapat Anda simak di bawah ini :

Peralatan

Mesin Kopi Rp 6.500.000

Cup Sealer Rp 850.000

Peralatan lainnya Rp   2.000.000

Pembelian stand 2.000.000

Total 11.350.000

Biaya Tetap/bulan

Sewa tempat 700.000

Gaji karyawan 900.000

Depresiasi mesin dan peralatan 2 % 227.000

Lisrik & air 150.000

Total 1.977.000

Biaya Variabel/bulan

Gula 800.000

Air mineral 200.000

Teh 200.000

Kopi 1.000.000

Cup dan plastik pembungkus 950.000

Total 3.150.000

Biaya Operasional Total = Rp 5.127.000

Estimasi Penjualan Bisnis Kopi

Penjualan per hari 100 cup kopi dengan harga per cup @ Rp 4000

100 buah x Rp 4000 x 30 hari = 12.000.000

Keuntungan Bisnis Kopi

= Total Pemasukan-biaya operasional

= Rp 12.000.000- Rp 5.127.000

= Rp 6.837.0000

Demikian mengenai informasi peluang bisnis kopi dan analisa usahanya yang dapat Anda ketahui dengan jelas agar Anda lebih mudah dan gampang dalam menjalankan bisnis kopi yang menguntungkan. Bisnis kopi memang tak pernah mati dan surut akan pelanggannya, sehingga jika menjalankan bisnis tersebut tentu akan banyak kesempatan sukses yang mudah untuk Anda dapatkan. Berkeinginan untuk mencoba bisnis kopi ini sekarang ? Ayo jangan menunda lagi untuk melakoni bisnis tersebut, tentu kesempatan menjadi pengusaha kopi yang sukses tak boleh dilewatkan. Semoga artikel tentang peluang bisnis kopi dan analisa usahanya dapat berguna dan bermanfaat bagi bisnis Anda nantinya.

Usaha ini membutuhkan mesin kopi yang digunakan untuk proses pembuatan kopi dengan cara mudah dan lebih praktis. Mesin tersebut dinamakan mesin kopi instan yang cocok sekali digunakan untuk bisnis kopi dengan usaha berjenis warung kopi, kafe, kedai, hotel, kantin, restoran , hotel maupun untuk catering. Cara penggunaan mesin kopi ini sangat gampang, bagi siapa saja dapat menggunakan dengan cara pengoperasian yang sangat mudah. Mesin kopi menjadi pilihan yang tepat untuk membantu memperlancar bisnis kopi bagi siapa yang menekuni bisnis tersebut. Kegunaan mesin kopi instan adalah untuk membuat kopi dengan cara instan yang praktis dan tidak ribet. Anda dapat dengan mudah menemukan mesin kopi ini dengan mengunjungi toko mesin maksindo.

mesin kopi otomatis instant

Mesin kopi tersebut adalah mesin kopi instan dari maksindo. Dalam menjualnya maksindo juga memberikan keunggulan agar pembeli mesin kopi tersebut makin dipuaskan dan dimanjakan dengan berbagai keunggulan yang ada. Keunggulan yang dimilikinya yakni mesin sangat compat desain sehingga dapat digunakan dalam berbagai tempat manapun. Memiliki 3 jenis canister yang berguna untuk menghasilkan 2 pilihan rasa yang dimiliki. Dilengkapi dengan sales calsulation yang memiliki peranan untuk menentukan jumlah penjualan dengan penghitungan menggunakan metode otomatis. Cara pengoperasian serta pembersihan mesin yang mudah hanya lewat satu kali tekan juga memiliki temperatur suhu dengan ukuran 70 °C hingga 98 °C .

Leave a Reply