Hati-hati penipuan mengatasnamakan Maksindo. Beli mesin Maksindo hanya di cabang resmi dan transfer ke Rekening Perusahaan Maksindo. Semua transaksi dianggap sah, jika pembayaran dilakukan ke rekening atas nama perusahaan. Bukan rekening pribadi.

Cara Membuat Coklat Batangan Mudah dan Tidak Sesulit Dibayangkan

KategoriResep
Di lihat10666 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Detail Produk Cara Membuat Coklat Batangan Mudah dan Tidak Sesulit Dibayangkan

Coklat adalah buah yang bijinya kaya akan manfaatnya bukan hanya menyehatkan, coklat dapat digunakan untuk membuat makanan ataupun minuman, bahkan makanan dan minuman rasa coklat lebih banyak disukai karena terasa lebih gurih, manis dan enak di lidah. Proses pembuatan coklat tidaklah mudah, ada banyak tahapan yang harus dilakukan, oleh karena itu tidak heran jika rasa dari coklat sangat enak. Banyak sekali bentuk coklat, mulai dari coklat bubuk, coklat batangan dan lain nya, namun kebanyakan orang yang menggunakannya untuk membuat minuman lebih suka coklat yang sudah di campur dengan gula, sehingga pembuatannya tidaklah sulit. Pada dasarnya coklat memang memiliki rasa yang pahit, bahkan penggunaan coklat bubuk yang pahit haruslah sedikit kadarnya jika ingin di campur dengan bahan lain nya karena bisa saja makanan atau minuman yang anda buat akan pahit juga.

Untuk sebagian orang mungkin tidak tahu bahwa coklat memiliki rasa pahit karena kebanyakan orang tahu nya bahwa coklat rasanya manis, sebelum di olah. Coklat memang tidak enak untuk di makan, namun berbeda jika sudah di campur dengan gula, untuk aromanya tetaplah sama, coklat memiliki aroma yang sangat khas, bahkan siapa saja yang mencium nya akan tahu bahwa itu adalah coklat. Coklat memiliki bermacam variasi, seperti coklat bubuk, batang dan coklat putih, semua jenis coklat ini memiliki gambaran atau deskripsi yang berbeda-beda, dan tentu rasa nya agak sedikit berbeda, jadi jika Anda ingin membuat sesuatu yang terbuat dari coklat, jadi terlebih dahulu Anda mempelajari coklat seperti apa yang akan Anda gunakan untuk usaha Anda apabila Ingin membuka usaha. Anda biasanya menemukan coklat yang dijual dalam keadaan sudah di olah menjadi bubuk atau sudah di olah menjadi coklat batangan yang manis Anda juga bisa membuat sendiri coklat batangan atau coklat bubuk dengan menggunakan mesin pembuat coklat, pertama Anda pilih biji kakao yang berkualitas kemudian buah dipecah menggunakan mesin pemecah buah kakao agar proses pemecahan buah sempurna dan tidak merusak buah.

Sejarah Coklat

Dulu di lembah Amazon dan juga Orinoco di Amerika Selatan terdapat besar pohon kakao liar. Pohon ini telah tumbuh disana sudah lama bahkan sudah ribuan tahun yang lalu. Kemungkinan sejak 40 tahun sebelum masehi. Lalu orang-orang dari bangsa Maya mulai membudidayakan pohon kakao. Dan sewaktu orang-orang bermigrasi ke Yucatan di Amerika Tengah, mereka juga membawa kakao disana. Kebiasaan dalam menikmati coklat dimulai oleh para bangsawan oleh suku Indian Aztec yang ada di Amerika Tengah, dan sekarang sudah menjadi wilayah Meksiko. Penduduk Meso-Amerika ini mencampurkan bubuk biji kakao dengan rasa pahit dengan jagung fermentasi atau dengan anggur. Campuran ini diracik hingga menjadi minuman yang disajikan dalam cangkir emas. Bahkan salah satu kaisar Aztec yang bernama Montezuma bisa mengkonsumsi lebih dari 50 cangkir coklat dalam setiap harinya.

Begitu berharganya coklat dimasa itu hingga dianggap sebagai makanan para dewa yang menjadi asal usul nama latin pohon coklat. Sehingga biji kakao dipakai dalam upacara keagamaan dan sebagai hadiah. Tak hanya itu, sebab berharganya coklat pada masa itu, hingga membuat biji kakao dipakai sebagai alat penukaran maupun pembayaran yakni dijadikan mata uang. Disaat terjadi penaklukan oleh Spanyol di Meksiko dan Amerika Tengah, orang Spanyol pun mulai membuka perkebunan kakao. Bahkan jika diketahui keuntungannya begitu besar sehingga orang  Spanyol  menguasai perdagangan coklat sampai abad ke-18. Mereka juga membawa biji kakao ke Trinidad, Haiti dan Afrika Barat.

Bahkan hingga saat ini, penghasil coklat terbesar yaitu  negara di Afrika Barat tepatnya Pantai Gading. Kebiasaan mengkonsumsi coklat hingga menjadi kebiasan para bangsawan di Spanyol. Hingga kebiasaan ini bisa menyebar di Inggris dan diseluruh Eropa, khususnya masyarakat golongan atas  maupun bangsawan. Hal ini disebabkan adanya rasa yang unik. Permintaan akan minuman coklat dengan rasa yang semakin nikmat juga akan terus berkembang hingga sekarang. Awal ditemukan berbagai cara dalam  membuat coklat pada waktu revolusi industri di Eropa, mesin uap mulai digunakan untuk menggiling coklat, hingga menjadikan perubahan yang cukup signifikan dalam meningkatkan mutu coklat terjadi pada tahun 1828 di Belanda. Yang mana Coenraad van Houten menemukan cara memisahkan bubuk dan juga minyak kakao dari adonan biji kakao yang telah giling. Hal ini membuka penemuan-penemuan berikutnya yang mampu mencampur coklat yang berupa cairan kental dan pekat, lalu dicampur minyak kakao serta gula.

Dan kini telah menjadi asal mula coklat padat yang akan dijadikan cikal bakal coklat batangan yang saat ini masyarakat kenali. Cokelat batangan menjadi makanan yang paling diminati oleh setiap orang. Rasanya yang manis, membuat lidah yang mencicipinya selalu merasa ketagihan. Bahkan, beberapa riset membuktikan bahwa mengonsumsi cokelat bisa memberi beberapa manfaat untuk Anda. Coklat bisa digunakan menjadi anti depresan untuk Anda karena mengandung serotonin, yaitu sebuah anti depresan alami.

Dalam membuat coklat dari bahan yang sudah jadi tidak sulit, seperti ketika Anda ingin membuat coklat dengan cetakan Anda sendiri sebenarnya yang paling sulit sebenarnya adalah jika Anda harus membuat coklat batangan mulai dari pemetikan buah kakao, itu adalah hal yang sulit karena proses nya sangatlah panjang, dari memetik buah kakao, lalu diambil semua biji nya, kemudian dicuci, pengeringan dan beberapa proses lain nya sehingga pada tahap akhir didapatkan coklat hitam dan juga coklat putih.

Kali ini akan dibahas cara membuat coklat batangan yang dapat Anda lakukan di rumah sendiri. Sebetulnya Anda juga bisa memanfaatkan coklat bubuk sebagai bahan dasar, Anda sudah bisa mulai bereksperimen dalam menciptakan cokelat batangan ala Anda. Jika Anda berhasil membuatnya, Anda bisa mulai berjualan dan berbisnis coklat batangan. Tidak harus membeli, Anda pun bisa membuat sendiri coklat batangan tersebut, bahan nya sederhana dan sebenarnya jika sudah mencoba membuatnya sendiri tidak sesulit yang Anda bayangkan. Simak cara membuat coklat batangan ala rumahan sendiri yang patut Anda coba. Keep on reading everybody !!!

1. Resep Cara Membuat Coklat Batangan Dari Biji Kakao

Bahan-bahan :

  • Biji kakao yang di panen
  • Cetakan

Cara Membuat :

  1. Proses dari coklat yang pertama adalah memetik buah coklat yang sudah benar-benar matang, kenapa harus benar-benar matang? Karena kualitas coklat yang dihasilkan ditentukan juga oleh seberapa matang coklat tersebut, coklat yang matang dari pohon secara sempurna memiliki kualitas yang lebih bagus dari pada coklat yang matang setelah dipetik.
  2. Setelah buah coklat tadi anda petik, langkah selanjutnya adalah menjalani proses fermentasi selama kurang lebih lima hari, fermentasi ini menggunakan getah dari coklat itu sendiri karena getah coklat mampu mengeluarkan enzim alami yang bisa mempercepat fermentasinya dan fermentasinya lebih sempurna. Pada proses ini memang membutuhkan pengawan karena jika terlalu lama proses nya, coklat nanti hasilnya tidak akan bagus.
  3. Proses sortasi biji kakao dilakukan dengan menggunakan mesin sortasi untuk kakao. Biji coklat yang sudah Anda fermentasi sebelumnya harus dikeringkan dan disortir secara manual dengan tangan, hal ini diperlukan untuk memilih biji coklat yang sesuai antara berat dan jenis nya satu sama lain. Hitunglah biji coklat sebanyak 100 gram dan jika biji coklat itu bagus, maka coklat dalam 100 gram terdiri dari 80 hingga 90 biji. Jika tidak seperti takaran tersebut maka artinya coklat itu berkualitas jelek merupakan cara yang paling mudah.
  4. Bila selesai dijemur atau dikeringkan, selanjutnya adalah proses pemanggangan, proses ini dilakukan agar aroma coklat nya keluar, aroma khas yang menggugah selera ini, proses pemanggangan setiap biji memiliki suhu dan waktu yang berbeda.
  5. Bila biji coklat telah selesai di panggang, proses selanjutnya adalah pemisahan cangkang dari biji coklat yang nantinya akan anda olah, pemisahan kakao ini harus hati – hati karena buah kakao sangat rawan sekali rusak dengan cara pemecahan  ini tidak hati – hati. Untuk pemecahan kakao agar mendapatkan buah yang berkualitas Anda bisa menggunakan mesin pemecah buah kakao, agar anda bisa mendapatkan biji yang berkualitas namun cangkang yang setengah hancur tersebut akan hilang dengan sendirinya pada proses pengayakan.
  6. Dalam bentuk  yang telah setengah hancur, inti dari biji coklat harus digiling halus, dan hasil nya akan lebih bagus jika alat penggiling yang anda gunakan adalah batu, namun mesin penggiling coklat akan lebih mudah untuk anda gunakan dalam mengolahnya, nanti nya dalam penghancuran massal ini akan berupa cairan coklat yang kental.
  7. Cairan coklat yang kental berupa pasta, anda bisa membuat rasa nya lebih enak dengan menambahkan bahan lain seperti susu dan gula agar rasa nya lebih manis.
  8. Melalui proses yang  ke tujuh tersebut akan dihasilkan pasta yang sudah agak manis, setelah itu langkah selanjutnya adalah memasukkan nya ke dalam proses pengadukan, proses ini dilakukan juga untuk mengurangi keasaman. Selama pasta coklat tersebut harus di aduk terus menerus agar rasa asam nya bisa berkurang, hal ini di tandai dengan keluarnya hawa panas dari coklat, sebaiknya anda menggunakan mesin pengaduk agar hasilnya lebih bagus dan cepat.
  9. Proses terakhir dalam pengolahan coklat, memisahkan coklat berdasarkan jenis susu. Dalam tahap terakhir ini biasa nya di dapatkan cocoa butter dan cocoa powder. Cocoa butter tersebut nantinya akan disebut dengan coklat putih karena warna nya memang seperti mentega putih, dan dalam tahap ini coklat dark atau coklat yang berwarna gelap akan dicetak dalam bentuk bar atau batangan.

Dengan menggunakan  mesin freezer type AB-106R Maksindo adalah cara membuat coklat batangan yang lebih memudahan Anda. Dikarenakan freezer ini dapat membekukan makanan dan menyimpan makanan beku, juga menjaga kesegaran produk. Mesin freezer ini mampu menampung volume sebanyak 100 liter. Kapasitas beku bisa sebanyak 7 kg / 24 jam, simpan 60 kg. Anda tertarik kan dengan mesin frezer canggih ini, silahkan KLIK DISINI.

2. Resep Membuat Coklat Batangan dari Coklat Bubuk

Bahan-Bahan :

  • Coklat bubuk/bubuk kakao
  • Gula
  • Tepung maizena
  • Susu cair

Cara Membuat :

  1. Ambil 2 sdm coklat bubuk
  2. Ambil tepung maizena 1-1,5 sdm
  3. Ambil Gula dan susu secukupnya
  4. Masukkan semuanya ke dalam wadah dan aduk sampai tercampur rata.
  5. Masak semua bahan diatas api kecil sambil terus diaduk-aduk.
  6. Aduk terus sampai adonan berubah warna menjadi agak kehitaman.
  7. Siapkan cetakan lalu cetak adonan coklat.
  8. Masukkan ke lemari pendingin.
  9. Coklat batangan pun telah siap.

Tips Memilih Coklat

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam memilih coklat yang baik ini, diantaranya adalah:

  1. Pertama, jika komposisi dalam kemasan menunjukan prosentase yang tinggi kandungan kakao nya maka hal itu menunjukkan bahwa lemak kakao nya banyak dan kadar gula yang rendah. Yang baik adalah pilihlah coklat yang memiliki rasa pahit jika anda ingin mengolahnya kembali menjadi coklat batangan, misalknya dark chocolate.
  2. Kedua, maksimalkan kelima panca indera anda.Anda harus jeli dlam memilih, yaitu pilihlah coklat dengan warna mengkilap tanpa adanya serbuk putih, goresan, gelembung udara, atau retakan karena itu menunjukkan bahwa coklat masih fresh. Asal Anda tahu sebenarnya coklat yang berwarna hitam tidak selalu menjadi jaminan bahwa coklat bagus dan sempurna. Bisa jadi warna tersebut karena biji coklat dipanggang terlalu lama. Pilih coklat dengan warna polos seperti warna kayu mahoni yang agak kemerahan.
  3. Cium aroma coklat, coklat yang baik memiliki aroma klasik dan komplek khas coklat. Aroma coklat yang terlalu kuat justru menunjukkan bahwa kualitasnya kurang baik.
  4. Dengarkan suara saat coklat dipatahkan, jika saat dipatahkan terdengar suara patahan yang nyaring maka itu menunjukkan coklat dengan kualitas baik.
  5. Sentuh permukaan coklat dan rasakan teksturnya. Coklat yang baik tidak lengket dan tetap licin.
  6. Terakhir cicipi coklat, bila coklat yang baik akan lumer dan mulus dalam mulut. Setelah ditelah hanyalah aroma khas coklat bukan rasa lengket yang tetap di langit-langit mulut.

Demikian cara membuat coklat batangan yang telah dijelaskan untuk Anda yang ingin belajar membuat coklat batangan sendiri di rumah, coklat abtangan yang menurut sebagaian orang rumit sebenarnya tidaklah serumit dan sesulit yang dibayangkan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin menciptakan coklat batangan sendiri. Terima kasih.

 

Produk lain Resep

Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangCara Membuat Roti Bawang Putih yang Gurih dan Enak di Rumah
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangBerbagai Cara Membuat Roti Pisang Panggang Yang Praktis
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMengetahui Resep Cara Membuat Roti Kukus Pisang yang Asli Enak
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama Barang7 Cara Membuat Roti Di Kukus Yang Nikmat Dan Makyus
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangRahasia Untuk Cara Membuat Roti Simpel Dan Praktis Di Rumah
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangInilah Cara Membuat Roti Bolu Panggang Sederhana dan Mudah
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangResep Cara Membuat Roti Roll yang Enak dan Lembut Banget
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama Barang4 Cara Membuat Kerupuk Ikan yang Gurih dan Kriuk
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail

Toko Mesin Maksindo

Toko mesin Maksindo memproduksi dan jual aneka mesin untuk usaha dan bisnis sejak 2004. Toko mesin Maksindo sudah ada di berbagai kota di Indonesia. Anda bisa mendapatkan aneka mesin kami di semua cabang yang sudah ada.