4 Cara Membuat Roti yang Sederhana Namun Enak, Empuk dan Mudah

Roti merupakan salah satu makanan khas yang memiliki sejarah panjang. Sejak ribuan tahun lalu roti menjadi salah satu jenis makanan yang tak lekang oleh waktu.  Awal mulanya, roti  dibuat dengan gandum yang ditumbuk dan diolah dengan air hingga berbentuk adonan. Adonan tersebut dibakar dalam tungku dengan api yang sedang dan hasilnya menjadi roti yang keras dan tahan lama.

Asal muasal cikal bakal roti berasal dari bangsa Mesir Kuno. Namun pada zaman tersebut roti masih dibuat dengan cara sangat sederhana sehingga bentuk dan rasanya juga berbeda dengan rasa roti yang saat ini. Pada abad pertengahan, evolusi roti sudah mencapai puncaknya, terutama di Benua Eropa. Saat itu cita rasa roti sudah sama seperti yang kita temukan saat ini, mulai dari bentuk dan variasinya. Bahkan roti telah dipandang sangat penting sehingga menjadi bagian ritual keagamaan. Sebagai contoh yaitu roti jala yang berasal dari India. Dengan seiring berjalannya waktu, roti semakin mengalami banyak perkembangan dan perubahan, dilihat dari jenis-jenisnya roti yang dapat ditemui dimanapun dengan nama-nama yang menarik. Apalagi masyarakat Indonesia lebih menyukai roti dengan tekstur yang lembut, gurih dan manis, sangat berbeda dengan negara Eropa yang menyukai roti bertekstur keras.

Membicarakan soal roti, mungkin banyak sekali yang mendefinisikanya. Biasanya roti  disajikan pada saat sarapan pagi dengan dipadukan kopi atau teh hangat sehingga dapat menambah kehangatan badan dipagi hari yang sejuk. Pastinya Anda semua tahu bahwa roti merupakan makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air yang kemudian difermentasikan dengan ragi. Tetapi ada juga yang tidak menggunakan ragi. Selain tiga bahan dasar di atas, dengan berkembangnya waktu maka tambahan-tambahan dari berbagai bahan seperti garam, minyak, mentega, ataupun telur untuk menambahkan kadar protein di dalamnya sehingga didapatkan tekstur dan rasa tertentu pula.

Jenis roti manis sangat digemari di Indonesia karena cocok dengan lidah dan selera masyarakat. Selain karena lidah orang Indonesia kebanyakan menyukai yang manis-manis juga karena dalam membuat roti manis lebih simple. Semakin majunya zaman jenis roti unyil yang lagi jadi tren di Negara Indonesia. Semakin banyaknya kekreatifan seseorang dalam menciptakan lapangan kerja dengan membuka usaha roti unyil yang merupakan salah satu makanan yang sangat khas dari kota Bogor. Bentuknya yang kecil, itulah sebabnya dinamakan roti unyil. Roti unyil terdiri dari berbagai macam jenis rasa juga memiliki tekstur yang sangat lembut dan kenyal.

Ada lagi jenis roti gembong, nama yang unik dan tampilan roti ini sungguh klasik dan bentuuknya yang lucu. Adanya lenjeran pisang, biasanya roti juga diisi dengan coklat dan diberi topping taburan keju parut, yang tentu akan menyempurnakan kenikmatannya. Ciri khas lain roti pisang ini adalah permukaannya yang mulus berwarna kecoklatan. Roti gembong ini juga disebut dengan roti sobek karena bentuknya yang sangat empuk dan lezat serta mengembang sempurna. Bahan-bahannya mudah didapat serta cara membuatnya mudah dan menghasilkan rasa yang enak serta djadikan favorit anak-anak. Dan tentunya, satu lagi jenis roti pisang coklat ini memiliki rasa yang sangat menggoda selera juga memiliki tekstur yang sangat empuk. Anda mungkin sudah mengetahui roti pisang coklat, karena nama roti ini tidak asing di telinga para kalangan masyarakat. Roti dengan rasa pisang yang dipadukan dengan coklat atau yang lebih sering dikenal dengan nama roti pisang coklat.  Dari jenis roti diatas dalam acara-acara besar ataupun acara keluarga besarpasti selalu menghadirkan beraneka ragam roti karena memang digemari oleh anak-anak dan orang tua.

Banyak orang yang penasaran dan ingin segera merasakan makanan ini, dan bagi Anda yang malas keluar untuk membeli roti di tempat bakery bahkan sampai rela harus menunggu dalam waktu yang cukup lama atau yang lagi berhemat karena terlalu banyanknya pengeluaran Anda saat ini. Nah,, Anda dapat membuat jenis-jenis roti yang Anda gemari di rumah Anda sendiri dengan berbagi resep mengenai proses pembuatan roti empuk dan enak yang akan dibahas kali ini. Namun bagi Anda yang masih merasa asing dengan resep ini, jangan berkecil hati.

Langkah-langkah membuat roti tergolong mudah dan tidak terlalu sulit apalagi kalau kita sudah berniat untuk membuatnya berkelas Internasional. Kalau Anda pernah mencoba membuat roti pasti ingin mencobanya lagi karena sebagaimana kita tahu roti kalau dibuat dengan hati yang senang sudah dijamin kualitasnya pasti enak. Walaupun hasil roti yang Anda buat tidak bisa menyamai roti-roti bikinan toko terkenal ataupun merk yang bagus tetapi paling tidak Anda bisa mempunyai gambaran akan membuat roti yang enak ala rumahan dan sederhana mungkin. Dan apabila semakin terlatihnya Anda mencoba untuk membuat roti sendiri maka kedepannya bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Yuk simak tentang penjelasan bagaimana cara membuat roti yang sederhana, mudah dan empuk.

1. Resep Roti Manis

a. Bahan–bahan :

  • tepung protein tinggi (bisa pakai Cakra atau Komachi) sebanyak 400 gram
  • tepung protein sedang (bisa pakai Segitiga Biru) sebanyak 100 gram
  • gula pasir sebanyak 100 gram
  • ragi instant (bisa pakai merk Fermipan atau Saf Instant atau Baker Bonus) sebanyak 11 gram
  • bread improver (bisa pakai Baker Bonus A) 1/2 sendok teh
  • susu bubuk full cream (bisa pakai Dancow) sebanyak 25 gr
  • 4 butir kuning telur agar lebih lembut
  • Air es atau susu dingin sabanyak 250 ml air tuang sedikit demi sedikit, tidak harus terpakai semua, jika adonan sudah mengumpal dengan baik, penambahan air hentikan
  • margarin 80 gr
  • garam 1 sendok teh

b. Tambahan selama pengulenan:
Siapkan sekitar 6 sendok makan (tidak harus terpakai semua) tepung Cakra untuk tambahan selama pengulenan, tambahkan sedikit demi sedikit hingga adonan terasa enak diuleni, jangan banyak karena hasil roti bisa keras.

c. Bahan olesan:

Susu murni yang telah dipanaskan bebrapa waktu atau 1 butir kuning telur larutkan dengan 2 sdm air atau susu UHT cair.

Cara Membuat

  1. Campur bahan kering sperti terigu, gula pasir, ragi instant, bread improver, susu bubuk hingga rata.
  2. Masukan kuning telur dan campur dengan menggunakan tangan agar rata kemudian air es sedikit demi sedikit sambil diuleni, hentikan penambahannya jika adonan sudah bisa menyatu dan tidak lengket di wadah.
  3. Masukkan butter, mentega dan garam secara bersamaan dan uleni hingga kalis elastis, bentuk bulat dalam wadah yang diolesi minyak supaya tidak lengket saat pengambilan, diamkan 30 menit atau sampai adonan mengembang 2 kali semula dan kempiskan.
  4. Bagilah adonan tersebut sesuai selera yang diinginkan, rounding sampai permukaan adonan halus dan udara didalamnya keluar, cirinya adonan menjadi padat halus lentur, istirahatkan 15 menit.
  5. Ambillah sebuah adonan, giling pipih dan beri isi dan bentuk sesuai selera.
  6. Diamkan adonan selama 60 menit, olesi dengan evaporate susu atau kuning telur, kemudian panggang dengan suhu 175 derajat selama 20-30 menit, dinginkan diatas cooling rack .
  7. Setelah matang akan bewarna coklat keemasan, angkat dan taruh di rak kawat agar uap panasnya hilang.
  8. Masukkan ke dalam wadah kedap udara agar roti empuk bertahan lama.

2. Resep Mebuat Roti Unyil

a. Bahan-bahan :

  • kuning telur 2 butir
  • ragi instant 1 sendok makan
  • tepung terigu yang berprotein tinggi sebanyak 150 gr
  • tepung terigu protein sedang sebanyak 100 gr
  • cake emulsifier ( SP/TBM ) 1 sendok makan
  • susu bubuk 3 sendok makan
  • margarine sebanyak 60 gr
  • gula pasir halus 100 gr
  • garam halus 1 sendok teh
  • Air dingin, atau air es secukupnya

b. Bahan Isi :

  • selai coklat,
  • kacang
  • keju sesuai selera

c. Bahan Olesan :

Siapkan kuning telur 2 butir dan 35 ml susu cair dicampur menjadi satu.

Cara Membuat

  • Siapkanlah wadah untuk mencampur bahan seperti tepung terigu, ragi instan, susu bubuk, gula pasir halus, dan garam , aduk sampai tercampur rata.
  • Kemudian masukkan kuning telur dan cake emulsifier kedalam campuran tepung
  • Tuanglah air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
  • Diamkan selama 30 menit dalam wadah tertutup rapat.
  • Uleni lagi adonan dan bentuk bulat-bulat kecil kemudian bagian dalamnya diisi dengan selai.
  • Olesi dengan kuning telur yang sudah dicampur dengan susu cair
  • Panggang dalam oven sampai roti matang dan berubah kekuningan
  • Roti unyil siap dinikmati.

Dengan cara membuat roti akan lebih mudah menggunakan mesin oven roti 2 rak 4 loyang Maksindo. Maksindo menyediakan mesin oven roti berkualitas dengan harga yang terjangkau untuk kesuksesan pengolahan pembuatan roti Anda di rumah maupun untuk usaha Anda. Anda pasti tertarik dengan mesin ini kan, silahkan KLIK DISINI.

3. Resep Membuat Roti Sobek / Roti Gembong

Bahan-bahan :

  • tepung terigu sebanyak 500 gr
  • gula pasir sebanyak 120 gr
  • ragi instan 2 sdt
  • soda kue 1/2 sdt
  • 1 butir kuning telur
  • santan / susu cair (aku mix keduanya) sebanyak 225 ml
  • margarine 80 gr
  • garam secukupnya
  • margarine untuk olesan secukupnya

Cara membuat :

  1. Campurkanlah tepung, gula, ragi dan soda kue, lalu aduk rata. Tambahkan kuning telur dan santan/susu cair, aduk sampai tercampur rata dan ulen hingga setengah kalis.
  2. Kemudian tambahkan margarine dan garam, uleni hingga kalis elastis, mulus dan tidak lengket lagi.
  3. Diamkan hingga mengembang 2x lipat sekitar 60 menit kalau pakai santan.
  4. Kempeskan lagi adonan lalu bagi adonan berat 50 gr atau sesuai selera, tatalah adonan yang telah dibagi didalam loyang.
  5. Diamkan hingga mengembang 30 menit lebih tergantung suhu sekitar.
  6. Panggang dalam oven 170 derajat  hingga matang kecoklatan.
  7. Selanjutnya angkat, olesi permukaan roti dengan margarine selagi panas.
  8. Agar seratnya menjadi lembut, bisa ditaburi meises.

4. Resep Membuat Roti Pisang Coklat

a. Bahan-bahan :

  • 200 gram tepung protein tinggi
  • 50 gram tepung protein sedang
  • 10 gram  susu bubuk
  • 6 gram  ragi instan
  • 50 gram  gula pasir
  • 3 gram garam
  • 3 gram  bread improver (optional)
  • Kuning telur  2 butir
  • 125 ml susu cair atau air mineral
  • 45 gram butter

b. Bahan Isi :

  • Pisang barangan / uli / raja secukupnya
  • Coklat meises atau coklat masak (DCC) serut secukupnya
  • Keju parut atau keju stick secukupnya

c. Bahan Olesan :

  • Kuning telur 1 butir
  • Susu cair 2 sendok makan
  • Butter secukupnya

Cara membuat :

  1. Siapkan wadah untuk mencampur tepung terigu, susu bubuk, ragi dan gula pasir aduk rata.
  2. Masukkan telur lalu campur hingga bergerindil. Tuang perlahan susu cair sambil terus diuleni hingga kalis (tidak menempel ditangan)
  3. Beri butter dan garam. Uleni lagi hingga benar-benar kalis dan elastis.
  4. Bulatkan adonan dan istirahatkan 5 menit. Siapkan loyang, sapukan tipis-tipis dengan margarin/butter
  5. Bagi adonan jadi masing-masing 50 gram, bulatkan, dan istirahatkan kembali selama 10 menit.
  6. Ambil 1 bulatan adonan, ratakan (gilas) lalu isi dengan pisang, coklat meises dan parutan keju, tutup, dan bentuk sesuai selera.
  7. Tata semua adonan dalam loyang dengan memberi jarak diantaranya. Tutup loyang dengan plastik wrap/serbet bersih.
  8. Diamkan atau fermentasikan adonan hingga mengembang jadi dua kali lipat ukurannya selama 45-60 menit.
  9. Olesi permukaannya dengan bahan olesan (campuran kuning telur dan susu cair) hingga rata. Lalu taburi dengan keju parut.
  10. Masukkan ke dalam oven dan panggang dengan suhu 170-180°C selama 15-20 menit.
  11. Keluarkan roti lalu olesi permukaannya dengan butter ketika masih panas. Siap disajikan.

Tips membuat roti pisang coklat :

  1. Pastikan adonan diuleni hingga benar-benar kalis elastis agar didapatkan roti yg berserat, mengembang sempurna, dan lembut.
  2. Pisang bisa dimasak/ditumis terlebih dahulu dengan 1 sdm makan margarin hingga empuk dan berubah warna kekuningan.
  3. Panaskan oven sebelum digunakkan untuk memanggang roti
  4. Simpan roti dalam wadah tertutup agar kelembutannya tetap terjaga.

Demikianlah cara membuat roti beraneka ragam yang dapat Anda lakukan di rumah Anda sendiri, semoga bermanfaat. Selamat mencoba resep yang simple dan sederhana diatas, semoga berhasil yaa.