Hati-hati penipuan mengatasnamakan Maksindo. Beli mesin Maksindo hanya di cabang resmi dan transfer ke Rekening Perusahaan Maksindo

Peluang Usaha Selai Pisang dan Analisa Usahanya

KategoriPeluang Bisnis
Di lihat5203 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Detail Produk Peluang Usaha Selai Pisang dan Analisa Usahanya

Pisang adalah jenis buah yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain mempunyai rasa yang sangat enak pisang juga mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi. Harga dari pisang juga sangat terjangkau sehingga semua orang pasti pernah mencoba buah ini. Untuk mendapatkan pisang juga mudah kerena banyak yang menanam pohon pisang disekitar rumah ada lagi yang menjual pisang diberbagai pasar tradisional. Kerena Indonesia ini banyak ditanamai tumbuhan yang subur maka Indonesia juga disebut salah satu pengekspor buah pisang. Untuk saat ini kebutuhan masyrakat mengenai buah pisang sangat meningkat derastis sehingga buah pisang banyak dicari untuk dikonsumi. Selain bisa dikonsumsi dalam keadan langsung buah pisang juga bisa dioleh menjadi aneka makanan dengan cita rasa yang menarik. Buah pisang mempunyai banyak manfaat dan yang paling penting buah pisang banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Selain buah yang bisa diolah menjadi makanan kulit pisang juga bisa dimanfaatkan dalam pembuatan cuka. Biasanya proses pembuatan cuka yang terbuat dari kulit pisang dilakukan dengan cara fermentasi alkohol dan juga asam cuka. Selain kulit pisang daun dari pohon pisang juga mempunyai manfaat yang banyak. Daun pisang bisa digunakan sebagai pembukus aneka makanan tradisional. Jika dilihat hampir semua lokasi atau tempat bisa ditanami pohon pisang. Pohon pisang adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh subur di iklim tropis. Kadar tanah yang diperlukan dalam penanaman pohon pisang didukung dengan kadar tanah yang lembab selain itu cuaca panas juga mendukung pertumbuhan pohon pisang. Pohon pisang merupakan tanaman yang bisa tumbuh melalui tunas. Proses penanaman pohon pisang sebenarnya sangat mudah. Banyaknya buah pisang yang dihasilkan perlu dilakukan penggolahan yang lebih efisien. Penyimpanan pisang tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama sehingga untuk meningkatkan kualitas pisang sebaiknya membuat olahan dari buah pisang yang mempunyai bilai jual yang tinggi. Olahan dari buah pisang yang mempunyai nilai buah yang tinggi adalah penggolahan selai. Selai yang sering kta ketahui kebanyakan menggunakan buah yang popular seperti buah melon, nanas dan aneka buah lainnya. Perlu Anda ketahui jika sebenarnya buah pisang juga bisa dibuat menjadi selai. Justru olehan selai pisang mempunyai cita rasa yang lebih nikmat. Cita rasa dari selai pisang lebih manis dari olahan selai pada umunya. Dalam proses pembuatan selai pisang sebenarnya juga mudah dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan sale pisang juga hanya menggunakan bahan baku utama dari buah pisang juga. Pastinya Anda penasaran tentang olahan selai pisang. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara pembuatan selai pisang Anda bisa melihatnya berikut ini.

Resep Selai Pisang

Cara-Membuat-Selai-Pisang-tokomesin

Bahan :

  • Pisang matang 3 buah
  • Kuning telur 3 butir
  • Butter 5 sendok makan
  • Perasan jeruk lemon 1 sendok makan
  • Gula pasir 3 sendok makan

Cara membuat selai pisang :

  • Kupas pisang yang akan digunakan kemudian haluskan dan sisihkan terlebih dulu
  • Ambil wadah plastik kemudian kocok kuning telur dan sisihkan
  • Panaskan butter ke dalam panci kemudian masukkan perasan jeruk lemon dan tambahkan gula kemudian aduk hingga merata, api yang digunakan kecil
  • Kemudian masukkan pisang yang sudah halus ke dalam panci
  • Masukkan 1 sendok makan pisang yang sudah dihancurkan ke dalam kocokan telur, aduk hingga cepat sampai merata
  • Jika sudah merata kocokan kuning telur yang sudah ditambahkan satu sendok pisang kemudian masukkan ke dalam panci aduk selama 2 menit dan tunggu hingga adonan mengental
  • Matikan api tunggu selai hingga dingin kemudian masukkan ke dalam blender agar selai semakin halus
  • Simpan selai yang sudah jadi didalam wadah kedap lock
  • Pastikan adonan sudah dingin terlebih dahulu jika ingin ditutup
  • Selai pisang akan bertahan lama dalam jangka waktu 3 minggu

Setelah mengetahui proses pembuatan selai pisang yang begitu mudah pasti Anda ingin mencobanya di rumah atau Anda ingin menjadikan selai pisang sebai peluang usaha. semoga degan menjalankan usaha selai pisang dengan bahan yang mudah didapatkan usaha yang dijalankan bisa semakin lancar.

Analisa Usaha Selai Pisang

Asumsi

  • Masa penggunaan etalase selama waktu 4 tahun.
  • Masa penggunaan kompor serta tabung gas selama waktu 3 tahun.
  • Masa penggunaan panci selama waktu 2 tahun.
  • Masa penggunaan wadah plastik selama waktu 3 tahun.
  • Masa penggunaan piring, sendok dan gelas selama waktu 3 tahun.
  • Masa penggunaan meja dan kursi selama waktu 3 tahun.
  • Masa penggunaan peralatan tambahan selama waktu 3 tahun.

Investasi

Peralatan       Harga  
Etalase Rp.      950,000
Kompor dan tabung gas Rp.      180,000
Panci Rp.        80,000
Wadah plastik Rp.        30,000
Piring Rp.       25,000
Sendok Rp.        25,000
Gelas Rp.        25,000
Peralatan tambahan Rp.        20,000
Jumlah Investasi Rp. 1,335,000

 

Biaya Operasional per Bulan
Biaya Tetap         Nilai
Penyusutan etalase 1/48 x Rp. 950.000 Rp.        20,000
Penyusutan kompor 1/48 x Rp. 160.000 Rp.          3,000
Penyusutan wadah plastik 1/36 x Rp. 40.000 Rp.          1,000
Penyusutan panci 1/48 x Rp. 80.000 Rp.          2,000
Penyusutan piring 1/36 x Rp. 20.000 Rp.          1,000
Penyusutan sendok 1/36 x Rp. 20.000 Rp.          1,000
Penyusutan gelas 1/36 x Rp. 20.000 Rp.          1,000
Penyusutan alat tambahan 1/36 x Rp. 30.000 Rp.          1,000
Total Biaya Tetap Rp.        30,000

 

Biaya Variabel
Pisang Rp. 25,000 x    30 = Rp.      750,000
Telur Rp.    5,000 x    30 = Rp.      150,000
Butter Rp.    8,000 x    30 = Rp.      240,000
Lemon Rp.    6,000 x    30 = Rp.      180,000
Gula pasir Rp. 10,000 x    30 = Rp.      300,000
Total Biaya Variabel Rp.    1,620,000

 

Total Biaya Operasional
Biaya tetap + biaya variabel = Rp.    1,650,000

 

Pendapatan per Bulan
Penjualan rata – rata =
  15     botol x    Rp.     6,000 = Rp.            90,000
 Rp.    90,000 x     30       hr = Rp.        2,700,000

 

Keuntungan per Bulan
Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
Rp.      2,700,000    1,650,000 = Rp.    1,050,000

 

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan = Rp.    1,335,000 :    1,050,000 =    1 bln

 

Jadi, dari hasil penjualan dalam menjalankan usaha selai pisang maka akan memperoleh keuntungan sebesar Rp. 1.050.000 dengan investasi yang telah dikeluarkan maka akan bisa kembali hanya 1 bulan. Untuk perhitungan yang telah disediakan seperti yang ada di atas maka hitungan tersebut bisa berubah karena dari setiap lokasi daerah mempunyai harga bahan baku yang tidak sama.

mesin-super-blender-korea-maksindo-garansi-3-tahun-tokomesinDalam menjalankan usaha selai pisang pada saat proses penghalusan maka perlu dilakukan dengan blender. Penggunaan blender akan sangat membantu namun untuk menunjang kelancaran untuk menggunakan blender yang berkualitas Maksindo telah menyediakan mesin blender. Hanya dengan menggunakan mesin blender maka selai pisang akan semakin halus. Kualitas dari selai pisang yang dihasilkan juga akan menghasilkan kualitas dengan nilai jual yang sangat tinggi sehingga semua konsumen yang menikmati akan menyukai dan merasa puas dengan olahan selai pisang yang telah Anda buah. Banyak yang menyediakan mesin blender namun agar Anda bisa mendapatkan mesin blender dengan kualitas baik maka Anda harus mempercayakan mesin usaha yang sudah ada di Maksindo. Apalagi dalam penggunaan mesin blender yang akan digunakan dalam usaha sebaiknya hanya didapatkan selalu dari Toko Mesin Maksindo.

Produk lain Peluang Bisnis

Toko Mesin Maksindo

Toko mesin Maksindo memproduksi dan jual aneka mesin untuk usaha dan bisnis sejak 2004. Toko mesin Maksindo sudah ada di berbagai kota di Indonesia. Anda bisa mendapatkan aneka mesin kami di semua cabang yang sudah ada.