Dapatkan mesin-mesin terbaru yang handal hanya di Maksindo. Mesin adalah investasi, jangan salah pilih

Peluang Bisnis Sate Ikan Goreng Dan Analisa Bisnisnya

KategoriPeluang Bisnis
Di lihat1143 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Detail Produk Peluang Bisnis Sate Ikan Goreng Dan Analisa Bisnisnya

Bisnis makanan membuat para pelakunya memiliki keuntungan yang cukup besar yang dapat diraih sehingga membuat saat ini banyak sekali pengbisnis kuliner yang bertebaran di mana – mana. Banyak sekali pelaku bisnis yang memiliki modal besar berlomba – lomba membuat bisnis makanan demi untuk mendapatkan keuntungan dari berbisnis kuliner tersebut. Selain pengusaha dengan modal yang besar banyak juga pengusaha yang menjalankan bisnis dengan modal yang sedikit karena ingin mencoba membuat bisnis kuliner. Jenis bisnis yang saat ini dijadikan suatu alternatif yang banyak dijalankan oleh para pengusaha makanan dengan modal yang tidak terlalu besar ini yaitu dengan menjalankan bisnis kuliner menggunakan batuan gerobak. Penggunaan gerobak ini dimaksudkan untuk menjual makanan dengan cara menjajakannya keberbagai tempat. Salah satu bahan yang tepat untuk dijadikan sebagai bisnis menguntungkan ialah menu makanan sate, sate menjadi salah satu masakan yang khas dari Indonesia serta sudah divariasikan dengan aneka jenis olahan berbahan daging, mulai dari daging ayam, daging kambing, daging sapi dan sebagainya. Salah satu jenis sate yang tentunya sangat nikmat dan enak tentu akan disukai masyarakat selain jenis daging sate yang telah disebutkan diatas ini ialah daging ikan. Daging ikan ternyata juga bisa dijadikan sebagai sate yang sangat nikmat. Sate ikan ini dibuat dari bahan baku utama yaitu daging ikan yang kaya akan protein dan sangat nikmat disantap. Untuk para penyuka bahan makanan yang dibuat dari ikan tentunya sate ikan ini bisa menjadi pilihan. Peluang bisnis sate bisnis sate ikan goreng yang merupakan makanan ini juga sangat sesuai untuk dijalankan karena memang menguntungkan dan cara membuatnya sangatlah mudah.

Info Bisnis Sate Ikan Goreng

Dalam memulai bisnis apapun pasti akan membutuhkan modal yang cukup besar, untuk bisnis makanan dengan menu sate ikan goreng ini membutuhkan beberapa persiapan yang cukup matang. Untuk beberapa persiapan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis sate ikan goreng ini yaitu sebagai berikut ini :

  • Dapatkan bahan – bahan yang berkualitas untuk membuat menu makanan sate ikan goreng ini, dengan kualitas yang bagus tentunya Anda akan bisa mendapatkan rasa sate ikan goreng yang nikmat dan enak. Terlebih lagi bahan yang digunakan sangat lengkap pasti rasa dari sate ikan goreng ini akan lebih nikmat. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat sate ikan goreng ini ialah ikan tenggiri yang telah difillet, tusukan sate, telur ayam, tepung kanji, wortel, peterseli, minyak goreng, kemiri, garam dan sebagainya. Bahan – bahan ini perlu dipersiapkan untuk membuat sate ikan goreng yang sempurna.
  • Kumpulkan informasi yang ada hubungannya dengan bisnis sate ikan goreng ini yang akan dijalankan. Seperti mencari info tentang beberapa resep dan cara pembuatannya, berapa jumlah modal yang diperlukan, besarnya persaingan, harga dari produk yang ada di pasaran dan hal lainnya. Beberapa informasi ini akan bermanfaat dalam menjalankan bisnis lebih baik nantinya atau supaya lebih paham nantinya saat menjalankannya.
  • Mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan untuk modal bisnis. Dalam menjalankan bisnis sate ikan goreng ini Anda dapat menggunakan gerobak sehingga peralatan yang dibutuhkan dan sangat penting ini adalah gerobak yang mempunyai tampilan menarik serta unik, peralatan memasak seperti tungku, kompor, panci, wajan) dan peralatan makan seperti piring, mangkuk, sendok, garpu, jangan lupa untuk menyediakan meja serta tempat duduk bagi para konsumen.
  • Pilihlah lokasi bisnis yang strategis. Jika pada umumnya makanan sate ikan goreng yang dijual dengan menggunakan gerobak ini tidak membutuhkan tempat yang permanen, namun Anda juga harus menentukan lokasi yang tepat untuk dilewati. Seperti kawasan perumahan penduduk, kawasan sekolahan atau kampus, pasar, perkantoran, serta tempat ramai lainnya, namun tetap perhatikan juga tata tertib disana sehingga jangan sampai mengganggu ketertiban umum.
  • Rasa dan penyajian untuk makanan dengan menu sate ikan goreng ini harus enak dan Supaya cita rasa dari makanan yang Anda jual ini terjamin kualitas dan rasanya, maka hal yang terpenting untuk diperhatikan adalah dengan menggunakan bahan baku yang masih segar dan berkualitas. Mengusahakan untuk membeli bahan baku dalam setiap harinya, jadi bahan yang digunakan ini memiliki kondisi yang fresh dan masih baik.

Konsumen Sate Ikan Goreng

Untuk bisnis dengan menggunakan menu sate ikan goreng yang dijual dengan menggunakan gerobak ini targer pasar yang dituju ialah masyarakat dengan kalangan menengah bawah. Sebab makanan yang ditawarkan pada bisnis gerobak ini jauh lebih terjangkau dan harganya murah dibandingkan dengan makanan yang dijual di restauran atau rumah makan. Mulai dari anak – anak sampai dengan orang tua bisa mengkonsumsi sate ikan goreng yang kaya akan protein ini.

Berikut ini ialah resep yang tepat untuk Anda coba jalankan yaitu cara membuat sate ikan goreng yang nikmat dan enak. Silahkan disimak dengan baik :

Resep Sate Ikan Goreng

sate ikan goreng tokomesin

Bahan :

  • 500 gram ikan tenggiri yang telah difillet
  • 1 butir telur ayam
  • 1 buah wortel, serut dan peras airnya
  • 350 ml minyak goreng
  • 3 butir kemiri sangrai, dan parut
  • 10 tusuk sate
  • 3 sendok makan tepung kanji
  • 1 sendok makan peterseli, cincang
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Sate Ikan Goreng :

  1. Masukan ikan tenggiri fillet dalam blender kemudian proses sampai lembut jika sudah maka angkat dan sisihkan.
  2. Kemudian campurkan daging ikan tenggiri halus dengan tepung terigu, wortel, serta peterseli dan aduk sampai merata.
  3. Bumbui dengan kemiri, garam, serta merica dan aduk – aduk sampai merata.
  4. Ambilah adonan ikan, dan kepalkan atau lilitkan pada tusuk sate, dan padatkan.
  5. Gorenglah sate ini sampai matang serta kecoklatan, jika sudah maka angkat.
  6. Sajikan dengan tambahan irisan kol serta wortel serut bersama dengan saus sambal atau saus sesuai dengan keinginan.

Cara membuat menu makanan berupa sate ikan goreng ini sangat mudah dan juga simple bukan, silahkan mencoba untuk membuatnya di rumah.

Kelebihan Bisnis Sate Ikan Goreng

Dengan menjalankan bisnis makanan berupa sate ikan goreng ini bisa dengan menggunakan gerobak tentunya akan memberikan keuntungan tersendiri untuk para pelaku bisnis. Dengan modal awal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak serta lebih terjangkau. Mobilitas yang tinggi karena berjualan dengan penggunaan gerobak maka mudah untuk dipindahkan dan mudah juga untuk mencari lokasi yang strategis, sehingga balik modal pada bisnis ini dapat lebih cepat dibandingkan dengan bisnis lainnya. Bisnis sate ikan goreng ini pun dapat dijadikan sebagai bisnis jangka panjang, sebab banyak sekali pengusaha makanan yang dulunya menggunakan gerobak ini telah sukses dan bisa membuka warung makan serta bisnis restauran dapat berkembang.

Kekurangan Bisnis Sate Ikan Goreng

Bisnis sate ikan goreng gerobak ini selain memiliki kelebihan juga memiliki beberapa kekurangan yang memiliki resiko dan dapat menghambat jalannya bisnis. Masalah yang biasa terjadi untuk bisnis sate ikan goreng dengan menggunakan gerobak ini ialah terjadinya penertiban oleh para petugas tramtib. Sehingga untuk Anda yang berjualan di pusat perbelanjaan, pasar serta pusat keramaian lainnya, perlu memperhatikan dahulu lokasi usaha yang tidak boleh digunakan untuk berjualan. Sehingga Anda pun tentu akan terbebas dari kejaran petugas tramtib.

Pemasaran Bisnis Sate Ikan Goreng

Strategi pemasaran yang efektif dalam menjalankan bisnis sate ikan goreng dengan menggunakan gerobak ini yaitu promosi dari mulut ke mulut. Strategi ini dapat dijalankan dengan mudah dan memiliki keunikan tersendiri selain tidak membutuhkan modal dalam menjalankan promosi secara praktis ini tentunya Anda harus mampu menciptakan cita rasa yang ditawarkan supaya bisa memberikan kepuasan untuk para pelanggan. Anda pun dapat membangun brand untuk menciptakan loyalitas konsumen, caranya dengan menciptakan ciri khas tersendiri pada produk sate ikan gorengnya. Hal ini juga dapat menarik minat para pelanggan dan dapat menarik minat pelanggan. Promosi lainnya dengan cara melakukan desain atau mengubah tampilan gerobak yang unik dan menarik. Hal ini dapat menarik minat para pelanggan untuk mencoba sate ikan goreng yang dijual, agar penasaran serta tertarik dengan menu makanan yang ditawarkan.

Silahkan disimak tentang analisa usaha dari peluang usaha sate ikan goreng dibawah ini :

Analisa Bisnis Sate Ikan Goreng

Asumsi :

  • Masa pakai gerobak atau etalase selama waktu sekitar 4.5
  • Masa pakai kompor serta tabung gas selama waktu sekitar 4.5
  • Masa pakai wajan selama waktu sekitar 3.5
  • Masa pakai spatula selama waktu sekitar 3.5
  • Masa pakai penggiling daging selama waktu sekitar 3.5
  • Masa pakai baskom selama waktu sekitar 3.5 tahun.
  • Masa pakai pisau selama waktu sekitar 3.5
  • Masa pakai sendok selama waktu sekitar 2.5 tahun.
  • Masa pakai piring selama waktu sekitar 2.5 tahun.
  • Masa pakai spanduk selama waktu sekitar 3 tahun.
  • Masa pakai peralatan tambahan selama waktu sekitar 3 tahun.
Peralatan Harga
Gerobak atau etalase Rp. 2,350,000
Kompor dan gas Rp. 400,000
Wajan Rp. 135,000
Spatula Rp. 35,000
Penggiling daging Rp. 265,000
Baskom Rp. 55,000
Pisau Rp. 36,000
Sendok Rp. 100,000
Piring Rp. 345,000
Spanduk Rp. 100,000
Meja dan tempat duduk Rp. 450,000
Alat tambahan Rp. 200,000
Jumlah Investasi Rp. 4,471,000
Biaya Operasional per Bulan
Biaya Tetap Nilai
Penyusutan etalase 1/54 x Rp. 2.350.000 Rp. 43,519
Penyusutan kompor dan gas 1/54 x Rp. 400.000 Rp. 7,407
Penyusutan wajan 1/42 x Rp. 135.000 Rp.  3,214
Penyusutan spatula 1/42 x Rp. 35.000 Rp. 833
Penyusutan penggiling daging 1/42 x Rp. 265.000 Rp. 6,310
Penyusutan baskom 1/42 x Rp. 55.000 Rp. 1,310
Penyusutan pisau 1/42 x Rp. 36.000 Rp. 857
Penyusutan sendok 1/30 x Rp. 100.000 Rp. 3,333
Penyusutan piring 1/30 x Rp. 345.000 Rp. 11,500
Penyusutan spanduk 1/36 x Rp. 100.000 Rp. 2,778
Peyusutan meja dan kursi 1/36 x Rp. 450.000 Rp. 12,500
Peyusutan alat tambahan 1/36 x Rp. 200.000 Rp. 5,556
Total Biaya Tetap Rp. 99,116
Biaya Variabel
Ikan tenggiri Rp.          65,000 x     30 = Rp.      1,950,000
Telur ayam Rp.          30,000 x     30 = Rp.          900,000
Wortel Rp.          15,000 x     30 = Rp.          450,000
Minyak goreng Rp.          24,000 x     30 = Rp.          720,000
Kemiri sangrai Rp.            5,000 x     30 = Rp.          150,000
Tusukan sate Rp.            5,000 x     30 = Rp.          150,000
Tepung kanji Rp.          10,000 x     30 = Rp.          300,000
Peterseli Rp.          12,000 x     30 = Rp.          360,000
Merica bubuk Rp.            6,000 x     30 = Rp.          180,000
Garam Rp.            1,000 x     30 = Rp.            30,000
Kemasan Rp.          15,000 x     30 = Rp.          450,000
Gas LPG Rp.          17,000 x      4 = Rp.            68,000
Listrik Rp.          55,000 x      1 = Rp.            55,000
Biaya sewa Rp.      400,000 x      1 = Rp.          400,000
Biaya air Rp.          49,000 x      1 = Rp.            49,000
Promosi Rp.          20,000 x      1 = Rp.            20,000
Bahan lain Rp.          45,000 x     30 = Rp.      1,350,000
Total Biaya Variabel Rp.    7,582,000
Total Biaya Operasional
Biaya tetap + biaya variabel = Rp. 7,681,116
Pendapatan per Bulan
Penjualan rata – rata =
     29 porsi x Rp. 10,000 = Rp. 290,000
Rp.    290,000 x 30 hr = Rp. 8,700,000
Keuntungan per Bulan
Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
Rp.      8,700,000 Rp.    7,681,116 = Rp. 1,018,884
Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan = Rp.    4,471,000 : Rp. 1,018,884 =      4 bln

Maka dapat disimpulkan jika bisa menjual sebanyak 29 porsi untuk sate ikan goreng ini dengan harga satu porsinya ialah Rp. 10.000 maka akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 290.000 setiap harinya. Maka hitungan untuk keuntungan yang didapatkannya ini ialah total pendapatan dikurangi dengan biaya operasional Rp. 8.700.000 – Rp. 7.681.116 maka akan mendapatkan hasil Rp. 1.018.884 yang menjadi keuntungan setiap bulannya. Nah maka lama balik modal pada bisnis sate ikan goreng ini pun menjadi sekitar 4 bulan lamanya. Analisa usaha diatas ini hanya perkiraan saja dan bisa berubah kapan saja karena harga bahan baku dan peralatan setiap waktu akan berubah – ubah dan tidak menentu. Sehingga Anda bisa menghitung analisa usaha sendiri agar bisa mendapatkan hasil yang real.

Kunci Sukses Berbisnis Sate Ikan Goreng

Kunci sukses dalam menjalankan bisnis makanan sate ikan goreng dengan menggunakan gerobak ini adalah dengan memulai bisnis yang sesuai dengan rencana yang diinginkan dan dapat mendapatkan terobosan baru untuk bidang pemasaran. Walaupun menggunakan gerobak untuk menjual makanan ini namun untuk pelayanan tetap dapat diberikan dengan baik, sehingga bisnis sate ikan goreng dengan menggunakan gerobak yang akan dijalankan ini tidak dapat diremehkan oleh para konsumen.

alat giling daging manualBisnis makanan dalam proses memasaknya membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena harus menyiapkan berbagai jenis bahan yang dibutuhkan selain itu mencuci dan menghaluskan bumbu menjadi hal yang tidak bisa dilewatkan dalam proses produksinya. Hal ini membuat proses kerja menjadi lama dan sangat melelahkan maka dari itu perlu adanya alat penunjang guna membantu proses kerja menjadi lebih mudah dan cepat. Salah satu peralatan yang akan membantu proses kerja ini menjadi lebih cepat dan mudah ialah alat penggiling daging manual. Proses pembuatan sate ikan goreng ini perlu dihaluskan terlebih dahulu dapam prosesnya jika menggunakan cara manual tentu akan sangat lama oleh karena itu gunakan alat penggiling daging manual. Alat giling daging manual atau yang biasa disebut dengan manual meat grinder ini merupakan alat yang digunakan untuk menggiling daging namun menggunakan cara manual atau tenaga manusia. Alat giling daging ini memiliki fungsi yang sama dengan mesin giling daging yang menggunakan tenaga listrik dan bisa menggiling dengan hasil yang lembut dan sesuai dengan keinginan hanya saja proses penggilingan ini tidak membutuhkan listrik. Alat giling daging ini dioperasikan dengan cara manual dengan cara yang sederhana yaitu dengan memutar handle menggunakan tangan. Selain itu menggiling aneka jenis daging alat giling daging ini juga bisa digunakan untuk menggiling aneka jenis bahan seperti kacang tanah, kentang rebus dan aneka bahan lain dengan cara yang mudah dan cepat. Alat penggiling daging yang manual ini sangat mudah digunakan selain itu lebih hemat sebab tidak membutuhkan tenaga listrik dalam menjalankannya sehingga lebih hemat. Apabila menginginkan alat giling daging manual ini maka bisa menemukan dengan mudah di Toko Mesin Maksindo dengan kualitas yang disajikan sangat bagus dan bisa diandalkan dalam menghaluskan aneka jenis bahan makanan dalam waktu dan cara yang mudah. Alat yang mampu digunakan untuk menggiling daging ini dibuat dari bahan cor logam yang kokoh dan kuat, Anda pun dapat memilih ukuran alat ini sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Alat giling daging yang ada di Maksindo ini mempunyai banyak sekali keunggulan yang nantinya akan menguntungkan bagi para penggunanya. Beberapa keungulan yang dimiliki diantaranya adalah alat ini dibuat dari bahan yang berkualitas jadi akan awet serta tahan lama. Penggunaan dari alat ini sangatlah mudah sehingga siapa saja pun tentu akan dapat mengoperasikannya dengan cara yang sederhana dan simple. Mesin dapat digunakan untuk menghaluskan aneka jenis bahan makanan aneka jenis daging dan bahan makanan selain bahan daging. Bagaimana menurut Anda? Apakah tertarik untuk mempunyai mesin yang berkualitas tinggi ini. Jika tertarik maka datang dan temukan mesinnya hanya dengan mengunjungo showroom Maksindo dan peroleh alat penggiling daging yang multifungsi ini dengan harga yang cukup terjangkau.

Demikian pembahasan untuk artikel tentang peluang usaha sate ikan goreng dan analisa bisnisnya, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan dapat membantu calon pengusaha yang tengah ingin membuka bisnis dengan cara yang mudah. jika ingin menjalankan bisnis dengan lebih mudah maka gunakan peralatan yang memadai guna menunjang bisnis agar lebih cepat berkembang selain itu proses produksi akan lebih mudah dan cepat. Maka gunakan alat giling daging manual, walaupun peralatan yang digunakan ini manual namun akan menghasilkan gilingan daging ikan yang pas dan seperti penggunaan pada mesin giling daging menggunakan listrik. Bisnis tentu akan lebih mudah apabila dibantu dengan peralatan yang memadai dan bisa mempercepat proses pembuatan sate ikan goreng. Jika ragu untuk menggunakan mesin atau peralatan bisnis yang ada dipasaran maka dapatkan mesin berkualitas dengan mampir ke showroom Toko Mesin Maksindo dan peroleh mesin berbisnis berkualitas tinggi dan sudah terpercaya. Sekian, semoga informasi ini bermanfaat untuk semuanya. Sukses selalu.

Produk lain Peluang Bisnis

Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPeluang Usaha Tumis Kulit Ayam Spesial Dan Analisa Usahanya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPeluang Usaha Kripik Talas dan Analisa Usahanya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPeluang Bisnis Kuliner Tengkleng Solo Iga Kambing dan Analisa Usahanya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPeluang Usaha Nugget Sayuran dan Analisa Usahanya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPeluang Bisnis Nasi Goreng Pedas Gila dan Analisa Usahanya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPeluang Usaha Dendeng Cabe Hijau Gurih Dan Analisa Usahanya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPeluang Usaha Es Krim Coklat dan Analisa Usahanya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPeluang Usaha Nasi Tim Merah Ayam Jagung dan Analisa Usahanya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail

Toko Mesin Maksindo

Toko mesin Maksindo memproduksi dan jual aneka mesin untuk usaha dan bisnis sejak 2004. Toko mesin Maksindo sudah ada di berbagai kota di Indonesia. Anda bisa mendapatkan aneka mesin kami di semua cabang yang sudah ada.