Hati-hati penipuan mengatasnamakan Maksindo. Beli mesin Maksindo hanya di cabang resmi dan transfer ke Rekening Perusahaan Maksindo

Aneka Cara Membuat Kerajinan dari Bambu dengan Mudah

KategoriResep
Di lihat3504 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Detail Produk Aneka Cara Membuat Kerajinan dari Bambu dengan Mudah

Bambu menjadi salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Bambu ini pun banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai hal. Misalnya saja dengan menggunakan bambu sebagai bahan bakar, untuk membuat pagar, atau membuat aneka kerajinan. Sejak dahulu bambu telah banyak dimanfaatkan oleh para leluhur. Bambu dapat dijadikan berbagai hal untuk kehidupan sehari – hari. Bambu bisa digunakan untuk membuat tempat tinggal, digunakan untuk membuat peralatan makan, pelatan memasak, dan sebagainya. Tanaman bambu ini memang menjadi salah satu tanaman yang kaya manfaat. Salah satunya dengan memanfaatkan tanaman bamboo sebagai kerajinan. Kerajinan dari bahan bambu cukup banyak misalnya lampu hias, lonceng angin, vas, meja, bingkai foto, gelas, dan masih banyak lagi lainnya. Cara membuat kerajinan dari bambu ini cukup mudah, asalkan memiliki peralatan untuk membuatnya.

Sebelum membuat kerajinan dari bahan bambu ini akan lebih baik jika mengetahui jenis – jenis bambu. Hal ini agar dalam membuat kerajinan menjadi lebih mudah dan simple. Tidak semua jenis bambu bisa dijadikan kerajinan, karena beberapa bambu memiliki tingkat kualitas yang berbeda sehingga nantinya akan mempengaruhi hasil akhir dari kerajinan bambu ini. Ketahui jenis bambu yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan ini yaitu :

Bambu Tali

Bambu tali ini biasanya dikenal dengan nama pring tali, bambu apus dan awi tali. Apabila dilihat dari bentuk tanaman bamboo ini membentuk rumpun yang cukup rapat sehingga bisa tumbuh dengan  ukuran yang panjang mencapai 20 meter. Bambu tali ini bisa digunakan sebagai kerajinan tangan karena jenis bambu ini mempunyai batang kuat, lurus dan lentur. Dengan berbagai kualitas yang terdapat pada bambu ini maka sangat sesuai dijadikan sebagai aneka kerajinan.

Bambu Wulung

Bambu wulung ini biasa disebut dengan bambu hitam, pring ireng, pring wulung, atau awi hideung di Sunda. Bambu ini sudah pasti berwarna hitam, kerajinan yang satu ini biasa dimanfaatkan dalam pembuatan kerajinan alat musik seperti alat musik gambang, angklung, calung dan sebagainya. Selain digunakan sebagai bahan pembuatan alat musik juga biasa digunakan untuk membuat mebel, kerajinan tangan dan sebagainya.

Kerajinan dari Bambu

  1. Lampu Hias

Cara membuat kerajinan dari bambu ini mudah misalnya membuat lampu hias. Berikut ini beberapa tahapan dalam membuat lampu hias yaitu mengetahui kriteria bamboo yaitu :

  • Pilih bambu yang tidak terlalu tua atau terlalu mudah.
  • Setelah proses penebangan, bambu dapat di potong sepanjang dua atau tiga ruas.
  • Bambu perlu disimpan di tempat sejuk, kemudian ditegakkan sampai 5 atau 6 hari.
  • Bambu yang akan digunakan harus mempunyai ruas paling panjang.

Bahan :

  • Bambu berdiameter 10cm
  • Lampu 5 watt
  • Kabel secukupnya
  • Cat atau pelitur
  • Semen
  • Cat poxy clear

Cara Membuat Lampu Hias :

  1. Persiapkan bambu yang cukup kering berdiameter 10 cm, kemudian potong bambu dengan panjang 1,5 meter.
  2. Jika sudah amplas bambu sampai seluruh permukaan nya halus, kemudian tambahkan cat atau plitur supaya membuat tampilan bambu lebih bagus. Kemudian tunggu sampai cat plitur kering.
  3. Kemudian pilihlah salah satu ruas yang akan dijadikan dudukan lampu hias, serta pastikan ruas dudukan tetap utuh dan ruas lain nya di gergaji sebagian.
  4. Apabila ruas bagian atas bambu telah digergaji maka lakukan proses amplas kembali supaya permukaan bambu menjadi lebih rapih serta bersih dari serbuk bambu.
  5. Beri tambahan lubang pada bagian tengah bambu yang nantinya digunakan sebagai jalur kabel.
  6. Dalam membuat dudukan lampu hias, pergunakan semen yang dicetak di ember kecil dengan menggunakan ketebalan semen sekitar 7 cm – 10 cm.
  7. Beri tambahan ukiran pada lampu hias agar menambah keindahan pada saat dinyalakan nanti. Apabila sudah maka cat ulang lampu hias dengan menggunakan cat poxy clear supaya bambu semakin mengkilat.
  8. Pasanglah semua komponen lampu serta kabel supaya lampu dapat menyala.
  9. Lampu pun siap digunakan dan bisa dipasarkan.

Proses pembuatan lampu hias dengan menggunakan bambu ini cukup mudah dan simple bukan. Anda bisa mencoba memanfaatkan bambu kerajinan lampu hias yang akan membuat ruangan terlihat bagus.

Dalam membuat kerajinan dari bahan bambu ini tentu membutuhkan peralatan yang mampu mempercepat pekerjaan. Salah satu mesin untuk membantu membuat kerajinan menjadi lebih cepat terselesaikan ialah menggunakan mesin pemotong bambu. Mesin pemotong bambu ini salah satu mesin yang digunakan untuk pembuatan tusuk sate, namun juga bisa digunakan untuk memotong bambu dalam pembuatan aneka jenis kerajinan bambu. Mesin pemotong bambu dari Maksindo ini berkualitas dan mampu memotong bambu dengan mudah dan cepat. Memiliki dimensi yang cukup dan bisa diletakan dimana pun. Mesin ini mampu memotong bambu dalam jumlah 3 sampai 5 lonjor dengan jenis bambu petung atau 15 lonjor dengan jenis bambu jawa. Dengan adanya mesin pemotong bambu ini maka kegiatan memotong bambu menjadi lebih cepat dan mudah. Bila ingin mempermudah proses pemotongan bambu maka miliki segera mesin ini, info selengkapnya KLIK DISINI.

  1. Miniatur Perahu

Bambu memang dapat dijadikan berbagai jenis kerajinan dan begitu disukai oleh para pecinta seni. Salah satu kerajinan dari bahan bambu ini yaitu miniatur perahu, minatur dengan bentuk perahu ternyata bisa dibuat dari bahan bambu. Hasilnya pun memuaskan dan mampu membuat ruangan semakin menawan. Cara membuat kerajinan dari bambu yaitu miniature perahu cukup mudah dan simpel, sepeti cara dibawah ini :

Bahan :

  • Bambu wulung yang telah dipotong ruasnya

Alat :

  • Gergaji
  • Pisau
  • Amplas halus
  • Lem ( Alteco)
  • Cat clear ( cat Pylox warna clear )
  • Tali

Cara Membuat Miniatur Perahu :

  1. Belah bambu dengan ukuran sekitar 30 cmn, lalu haluskan dengan menggunakan amplas sampai kotoran menghilang serta warna kulit bambu menjadi mengkilap.
  2. Apabila sudah buat dudukan untuk perahu, sebab perahu miniature ini nantinya akan diletakan saja bukan digantung.
  3. Dudukan ini dibuat dengan menyesuaikan besar minatur perahu yang akan dibuat, jika sudah satukan dengan menggunakan lem.
  4. Selanjutnya buat tempat tiang serta layar dan bagian depan dari kapan menggunakan bambu yang telah dibelah kira – kira ketebalannya ialah 0.5 cm serta pasang dengan posisi berada ditengah badan kapal.
  5. Buat layar dengan cara menyiapkan tiga potong bamboo dengan panjang berbeda. Lalu belah dan amplas sampai halus. Kemudian satukan sampai membentuk layar.
  6. Pasangkan pada tiang perahu tadi yang telah disiapkan.
  7. Siapkan dua pasang layar dan pasang di tiang depan dan belakang.
  8. Pasang dengan tali supaya bisa membuat rangkaian kuat dan untuk menambah penampilan miniature perahu semakin elegan.
  9. Miniatur perahu ini pun telah jadi dan siap dijadikan pajangan di rumah.

Pembuatan minatur perahu ini mudah dengan bahan sederhana dan mudah didapatkan. Kerajinan miniature perahu akan membuat ruangan terlihat elegan dan bagus.

  1. Bingkai Foto

Bingkai foto dari bahan bambu ini tentunya lebih menarik dan cantik untuk memajang foto. Penampilan ruangan pun akan semakin cantik dan elegan. Membuat bingkai foto dari bahan bambu ini cukup mudah dan bisa dibuat sendiri di rumah.

Alat dan bahan :

  • Bambu kering sebagai bahan utama
  • Penggaris dan bolpoin
  • Gergaji
  • Lem fox
  • Amplas
  • Pisau
  • Plitur kayu atau cat mengkilap

Cara Membuat :

  1. Siapkan bambu yang sudah cukup tua dan mempunyai ruas buku yang cukup panjang.
  2. Jika sudah potong bambu sesuai ukuran poto yang akan digunakan, bila sudah potong bambu yang masih bulat menggunakan gergaji.
  3. Bila sudah belah menjadi empat sama besar serta lebar.
  4. Lalu haluskan tiap belahan menggunakan pisau raut. Amplas bambu ini sampai halus dan menghasilkan bentuk yang bagus.
  5. Berilah sedikit kesan garis, diukur dari 1cm dan ambil pisau yang berujung tajam lalu tancapkan ujung pisau serta ketukan sedikit kayu di pisau, kemudian congkel angkat serta tarik. Maka akan mendapatkan garis lurus di bambu.
  6. Potong setiap ujung bambu sekitar 90oC, bisa menggunakan garis diagonal yang terdapat pada lantai rumah.
  7. Sambung keempat sudut bambu ini, lalu gunakan satu biji isi staples dan ketok dengan  menggunakan palu kecil.
  8. Bila sudah beri sentuhan warna supaya bambu terlihat bagus dengan cara dicat. Beri warna sesuai dengan keinginan.

Bingkai foto dari bahan bambu ini pun siap dijadikan tempat foto kemudian pasang untuk mempercantik ruangan.

  1. Lonceng Angin

Lonceng dari bahan bambu bisa menjadi pemanis ruangan terutama teras atau luar ruangan. Lonceng ini akan membuat suasana lebih damai dan tenang. Untuk membuat lonceng bambu ini mudah, simak cara membuatnya dibawah ini :

Alat dan bahan :

  • Bambu
  • Tali
  • Batok kelapa
  • Gergaji potong
  • Pisau
  • Amplas
  • Bor listrik
  • Gunting

Cara Membuat :

  1. Pilih bambu ukuran sedang, ukur bambu kurang lebih 15 sampai 17 cm hingga sebanyak 5 bambu.
  2. Ukur kembali bambu dengan panjang 7 cm sebanyak 5 buah, lalu masukan ke tiap bambu bentuk stick kecil yang digunakan untuk jangkar individual.
  3. Potong bambu dengan gergaji.
  4. Bersihkan bambu dari serat menggunakan pisau kecil, bentuk bagian bawah bambu yang melengkung berjarak 8 cm dari atas bambu.
  5. Ampas bambu sampai halus, lubangi bagian atas dan masukan tali.
  6. Belah batok kelapa setengah lingkaran dan amplas.
  7. Lubangi pinggiran batok kelapa dengan jumlah bambu untuk lubang tali.
  8. Ikat masing – masing bambu dengan tali serta sambungkan dengan batok kelapa.
  9. Masukan tali tadi dalam lubang batok kelapa lalu tarik keatas dan buat simpul.
  10. Pelitur supaya menghasilkan lonceng yang bagus.

Demikianlah pembahasan mengenai aneka cara membuat kerajinan dari bambu dengan mudah. Semoga informasi yang telah disampaikan diatas bisa bermanfaat bagi para pembaca. Selamat mencoba.

Produk lain Resep

Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama Barang3 Cara Membuat Briket Dengan Memanfaatkan Bahan di Sekitar Kita
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKreasi dan Cara Membuat Roti Tawar Coklat yang Mudah dan Nikmat
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangCara Membuat Abon Ikan yang Enak dan Menggugah Selera Makan
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangCara Membuat Coklat Batangan dari Coklat Bubuk Secara Mudah
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama Barang4 Cara Membuat Pie Susu Paling Gampang Dan Cepat
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangInilah Cara Membuat Roti Bakar Menggunakan Teflon Dengan Mudah
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangInilah Aneka Cara Membuat Roti Panggang Yang Enak
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 08123386165
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangBelajar Cara Membuat Roti Khas India Yang Enak dan Populer
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail

Toko Mesin Maksindo

Toko mesin Maksindo memproduksi dan jual aneka mesin untuk usaha dan bisnis sejak 2004. Toko mesin Maksindo sudah ada di berbagai kota di Indonesia. Anda bisa mendapatkan aneka mesin kami di semua cabang yang sudah ada.